Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Monopoli Pada Materi Aktivitas Kegiatan Ekonomi Pada Siswa SMP Dharma Wanita Pare Kabupaten Kediri
Preparation of Monopoly Based Learning Media on Economic Activities Material for Dharma Wanita Middle School Students in Pare, Kediri Regency
DOI:
https://doi.org/10.21831/jep.v22i2.87186Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi pendidik dan peserta didik, dimana kurangnya pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran dan peserta didik yang sulit memahami materi yang diberikan oleh pendidik. Oleh sebab itu solusi yang tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan menyusun media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan siswa kelas VII yang berjumlah 23 orang sebagai subjek penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran monopoli valid dengan skor 96% oleh ahli media, valid dengan skor 84% oleh ahli materi. Kepraktisan media monopoli dinyatakan praktis dengan skor 84% oleh guru dan dinyatakan praktis dengan skor 93% oleh siswa. Keefektifan media monopoli juga dinyatakan efektif dengan skor rata-rata saat pretest memperoleh 57% dan saat postest 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyusunan media pembelajaran monopoli memenuhi standar validitas, efektivitas, dan kemudahan penggunaan.
Kata Kunci: Media monopoli, Kegiatan Ekonomi, Validitas, Kepraktisan, Efektivitas.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Azighah, N. N., Baedowi, S., & Priyanto, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Materi Perkembangbiakan Tumbuhan pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2636–2649. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5879
Fadilah, E., Irianto, A., & Rusminati, S. H. (2022). Penggunaan Media Monopoly Education pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5827–5833. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3319
Heni Susanti, Mulyawan, H., Nanang Purnama, R., Aulia, M., & Kartika, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 13404–13408. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1339
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74
Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219
Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. 3(1), 20–28.
Nur Janah, S. N. T., Finali, Z., & Puspitaningrum, D. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Sosial Budaya (MOSIDA) Berbasis Kearifan Lokal Jember. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(4), 443. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i4.48496
Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Rohmatillah, R. A. (2023). Problematika Guru dalam Penerapan Media Pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 409. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1300
Saskia, A., Nurmalia, L., Roro, M., & Wahyulestari, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Media Pembelajaran Audiovisual pada Pembelajaran IPS Kelas IV-B MIS Al- Hidayah. 212–221.
Silpina, S., & Pritandhari, M. (2020). Pengembangan Majalah Ekonomi (Makomi) Terintegrasi Nilai Islam Sebagai Media Pembelajaran Sma Negeri 4 Metro. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 37–49. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2862
Suci Hanifah Nahampun, Prissy Patrisia Gurning, Rahmad Nexandika, Yusnia Aya Astuti Zalukhu, & Michelle Evelyne Sianturi. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 63–68. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2415
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur`aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah. Jurnal Penelitian, 13(1), 1. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Permata Valenta, Efa Wahyu Prastyaningtyas, Elis Irmayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.