EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROYEK KOLABORATIF BERBASIS NOTION SEBAGAI ALAT KONTROL DIGITAL KETERLIBATAN SISWA DALAM TIM

Authors

  • Wiwik Nurfiana Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Jarot Tri Bowo Santoso Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jep.v22i1.80868

Keywords:

Pembelajaran Proyek, notion, kolaborasi, kemandirian, keterlibatan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran proyek kolaboratif berbasis Notion terhadap keterlibatan siswa dalam tim, dengan fokus pada indikator kolaborasi dan kemandirian. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan angket pretest dan posttest yang diolah menggunakan SPSS 26. Uji berpasangan t-test menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kolaborasi (sig = 0,624 > 0,05), sementara pada kemandirian terdapat kecenderungan peningkatan meskipun tidak signifikan (sig = 0,078 > 0,05). Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa gagasan tersebut belum memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kolaborasi siswa, namun terdapat kecenderungan peningkatan pada indikator kemandirian. Disarankan untuk melakukan evaluasi lebih lanjut dengan meningkatkan durasi pelatihan, metode, dan sampel yang lebih besar untuk memaksimalkan dampak pembelajaran berbasis Notion.

References

A. C., . D. A., . I. M., & . N. K. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(1), 262–273

Anggriania, F., Wijayatia, N., Susatyoa, E. B., & Kharomah. (2019). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Antara Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 22404 – 2413.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.

Fitriyani, E., & Gusripanto, E. (2021). Teacher support and student engagement: Correlation study on students of SMPN 4 Rengat Barat. Journal of Psychology and Instruction, 5(1), 26–32.

Hikmah, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik, 27–38.

Lathifaturrohmah AJ, B., & Yunikawati, N. A. (2022). Meningkatkan Keterlibatan Siswa Menggunakan Online Student Response System : Eksperimen. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 89.

Lestari, W. D., Rahmawati, L. E., Muhammadiyah, U., & Tengah, J. (2024). Transformasi Literasi Mahasiswa : Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis melalui Inovasi Aplikasi Notion. 07(1), 28–38.

Li, J., & Xue, E. (2023). Dynamic Interaction between Student Learning Behaviour and Learning Environment: Meta-Analysis of Student Engagement and Its Influencing Factors. Behavioral Sciences, 13(1).

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48.

Napitupulu, S. P., Murniarti, E., Indonesia, U. K., Info, S., Engagement, S., Learning, P., & Curriculum, M. (2024). Analisis Keterlibatan Siswa Menengah Pertama. 9(2), 172–178.

Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.

Rizal Fuadiy, M., & Ferisalma Al Fauz, M. (2024). Implikasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Al Islah Tiudan Kabupaten Tulungagung. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 5(2), 340–352.

Lestari, W. D., Rahmawati, L. E., Muhammadiyah, U., & Tengah, J. (2024). Transformasi Literasi Mahasiswa : Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis melalui Inovasi Aplikasi Notion. 07(1), 28–38.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

[1]
Nurfiana, W. and Santoso, J.T.B. 2025. EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROYEK KOLABORATIF BERBASIS NOTION SEBAGAI ALAT KONTROL DIGITAL KETERLIBATAN SISWA DALAM TIM. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 22, 1 (Jun. 2025), 41–49. DOI:https://doi.org/10.21831/jep.v22i1.80868.

Issue

Section

Articles

Citation Check