Pengaruh Suku Bunga Deposito dan Kurs Rupiah Terhadap Harga Saham pada Industri Perbankan

Mudasetia Hamid, STIE Widya Wiwaha Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suku Bunga Deposito dan Kurs terhadap harga saham pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta Selama tahun 2001-2007.
Metode penelitian dengan menggunakan model regresi berganda. Untuk menguji  seberapa besar variabel dependen mampu dijelaskan oleh variabel independen serta untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan menggunakan uji F. Dan  pengujian secara parsial dengan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel-variabel ekonomi makro yang terdiri dari suku bunga deposito dan kurs rupiah secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung dari hasil pengujian adalah sebesar 13,125 dengan sig. F sebesar 0,000 sehingga lebih kecil dari taraf signifikan 5%. Sedangkan hasil uji t variabel suku bunga deposito (X1) dan kurs rupiah (X2) secara parsial juga secara signifikan terhadap harga saham. Hal dibuktikan dengan  nilai t hitung  masing-masing variabel adalah - 4,936 dan 2,413.
Nilai koefisien deteminasi (R2) sebesar 0,335 yang artinya bahwa pengaruh suku bunga deposito dan kurs rupiah terhadap harga saham adalah sebesar 33,5% sedangkan sisanya sebesar 66,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan regresi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v5i2.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Citation & Indexing:

 

 Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International