Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning

Authors

  • Barkah Lestari FISE UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jep.v5i2.595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning dalam matakuliah Evaluasi Pembelajaran Ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Dunia Usaha, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan partisipan. Setting penelitian adalah Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Pendidikan Dunia Usaha, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2004/2005, untuk Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Ekonomi. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : tahap perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan hasil serta evaluasi danĀ  refleksi. Analisis data secara deskreptif kuantitatif. Dari data yang terkumpulĀ  selanjutnya diklasifikasikan dan dikategorikan secara sistematik dan menurut karakteristiknya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran dengan model cooperative learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dilihat dari tingkat partisipasi, interaksi pembelajaran, hasil kuis dan tes, serta hasil tugas kerja kelompok, (2) Secara umum mahasiswa menyukai model pembelajaran cooperative learning karena dianggap memberikan banyak manfaat.

Downloads

How to Cite

[1]
Lestari, B. 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 5, 2 (Feb. 2012). DOI:https://doi.org/10.21831/jep.v5i2.595.

Issue

Section

Articles