MANAJEMEN ORGANISASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA ORGANISASI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH DI DIY

Authors

  • Fatkhurohmah Fatkhurohmah Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Poerwanti Hadi Pratiwi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Aris Martiana Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32650

Keywords:

Manajemen, Organisasi, IPM, Loyalitas Anggota

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen organisasi IPM
dalam  membangun  loyalitas  anggota  organisasi.  Penelitian  ini  merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan
model Miles dan Hubberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu peran
manajemen  organisasi  dalam  membangun  loyalitas  anggota  organisasi  IPM
adalah (1) manajemen perkaderan yang ada di IPM mampu membangun loyalitas
anggota dengan memperkuat pemahaman ideologi, gerakan organisasi sehingga
menciptakan kader yang bersedia mengabdi terhadap organisasi, (2) manajemen
organisasi dan kepemimpinan membentuk organisasi yang baik sehingga : a)
memberikan mekanisme yang jelas sehingga anggota dapat menjalankan tugas
sesuai  dengan  tujuan  organisasi,  b)  membentuk  lingkungan  organisasi  yang
mendukung anggota untuk setia terhadap organisasi, c) memberikan ruang bagi
anggota  untuk  mengambil  peran  dalam  organisasi  tanpa  mempertimbangkan
jabatannya, (3) membentuk sistem gerakan dan aksi yang menjadi wadah bagi
individu untuk mewujudkan tujuan bersama, (4) membangun jaringan dan aktivitas
organisasi sebagai modal sosial dengan cara : a) melalui kegiatan pelaksanaan
program kerja membangun jaringan sosial bagi organisasi dan individu, b) melalui
kegiatan perkaderan menanamkan nilai-nilai organisasi ke dalam diri anggota.

Downloads

Published

2020-06-23