Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar

Vera Yuli Erviana, , Indonesia
Muslimah Muslimah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media Tangga Pintar penjumlahan dan pengurangan Matematika kelas I sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, guru dan peserta didik. Instrumen penelitian berupa wawancara dan angket. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran Tangga Pintar penjumlahan dan pengurangan Matematika kelas I sekolah dasar, berdasarkan hasil penilaian ahli media mendapat nilai 78,12 (baik). Ahli materi mendapat nilai 88,75 (sangat baik). Ahli pembelajaran mendapat nilai 78,94 (baik). Hasil uji coba I dan II, penilaian angket dari guru diperoleh nilai 97,36 (sangat baik). Penilaian angket respon peserta didik uji coba I diperoleh hasil 78,07, uji coba ke II 89,92 dengan rata-rata nilai kedua uji coba tersebut 83,99 (sangat baik) nilai pretest 54,58 dan nilai posttest 84,58. Sehingga dari hasil tersebut media pembelajaran tangga pintar layak digunakan oleh peserta didik.

 

The development of tangga pintar learning media in addition and subtraction learning materials of first grade elementary school

This research aimed to determine the development and feasibility of tangga pintar (smart ladder) media in Mathematics addition and subtraction learning materials of first grade elementary school. This was development research with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects were media expert, material expert, learning expert, teachers, and students. The research instruments were interviews and questionnaires. The results of the development were in the form of Tangga Pintar (smart ladder) learning media of Mathematics addition and subtraction of first grade elementary school. The results of the media expert assessment was scored 78,12 (good). The material expert scored 88,75 (very good). Learning expert scored 78,94 (good). For the results of trials I and II, the questionnaire assessment from the teacher obtained a score of 97,36 (very good). The questionnaire of students’ responses of the Trial I is 78, 07, while the Trial II is 89,92, thus the average of the two trials is 83,99 (very good). pretest score is 54,58, while the posttest is 84,58. Therefore, from these results, Tangga Pintar (smart ladder) learning media is feasible to be used by students.


Keywords


instructional media; addition and reduction; elementary school

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hayati, P. N., & Rahmawati, I. (2017). Pengaruh Media Tangsapan Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pengukuran Panjang Siswa Kelas 3 Tema 6 Subtema 1 SDN Babatan I Surabaya. JPGSG, 05(02). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: DIVA Press.

Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun Ke-6. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/7081/6775

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id

Santri, F. S. (2016). Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/ MI. Yogyakarta: MATEMATIKA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yuniawantika. (2016). Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistika Indonesia (PMRI). Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, (1). Retrieved from http://journal.um.ac.id/.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats