Korelasi kompetensi pedagogik guru dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa tingkat SMP

Seto Setiawan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Laksmi Dewi, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract


Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk melihat korelasi antara kompetensi pedagogik guru dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah melihat korelasi antara pemahaman wawasan atau landasan kependidikan dan pemahaman terhadap peserta didik dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampel penelitian. Sekolah yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dari kelas 7 hingga kelas 9. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh dua puluh sembilan (29) sekolah sampel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari dua puluh sembilan sekolah sampel tersebut dipilih tiga puluh guru muatan lokal bahasa Jawa sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup berdasarkan skala Likert. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian, dilakukan uji validasi instrumen oleh ahli. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode regresi linier untuk melihat korelasi dari variabel-variabel penelitian. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah adanya korelasi yang positif dan signifikan antara pemahaman wawasan atau landasan kependidikan dan pemahaman terhadap peserta didik dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa. Rekomendasi dari penelitian adalah guru harus meningkatkan kemampuan pedagogik seperti: pemahaman wawasan atau landasan kependidikan dan pemahaman peserta didik karena memiliki korelasi dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa Jawa.


Correlation of teacher pedagogical competency with the implementation of java language learning level SMP

This research aims to see the correlation between pedagogic competence of teachers with the implementation of learning Java language in Special Region of Yogyakarta. While the specific purpose of this research is to see the correlation between understanding insights or educational foundations and understanding of learners with the implementation of learning Java language. The research method used is descriptive quantitative with purposive sampling as the technique of selecting research samples. Schools selected as research samples are schools that have implemented the 2013 curriculum from grade 7 to grade 9. Based on this, obtained twenty-nine (29) sample schools in Special Region of Yogyakarta. Of the twenty-nine sample schools were selected thirty teachers of local Javanese content as research respondents. The data were collected using a closed questionnaire based on Likert scale. Before being used to collect the required data in the study, validation of the instrument is performed by the expert. The collected data were analyzed by using linear regression method to see correlation of research variables. The expected result of this research is a positive and significant correlation between understanding insight or educational base and learners' understanding with the implementation of learning Java language. The recommendation of the research is that teachers should improve pedagogical skills such as: understanding of knowledge or educational base and learners' understanding because it has correlation with the implementation of learning Java language.


Keywords


pedagogic competence; learning implementation; Javanese language

Full Text:

PDF PDF

References


Anwar. (2004). Pendidikan kecakapan hidup konsep dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Arifin, M. S. (2016). Pengaruh penguasaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran Matematika pada SMA Negeri se-Kabupaten Bandung Barat. Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dantes, N. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Andi.

Furqon. (1999). Statistika terapan untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hartana, B. (2013). Pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu ekonomi dan Sosial, Vol. 2, 147–162.

Irsyada, D. (2013). Pengaruh kompetensi guru dan self capacity building terhadap kinerja mengajar guru SD di kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maryono. (2016). The implementation of schools’ policy in the development of the local content curriculum in primary schools in Pacitan, Indonesia. Academic Journal, 11(8), 891–906. https://doi.org/10.5897/ERR2016.2660

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2008). Standar kompetensi dan sertifikasi guru (ketiga). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Sanjaya, W. (2007). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Perdana Media Group.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (1995). Metode penelitian survei (Revisi). Jakarta: Pustaka LP3ES.

Siscahyani. (2011). Manajemen kurikulum muatan lokal bahasa Jawa di sekolah menengah pertama negeri se-kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Yogyakarta.

Suci, U. A. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan implementasi kurikulum 2013 melalui kegiatan pendampingan terhadap kinerja guru di SMA negeri 2 Kandangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 1, 399–411.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2014). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjarwadi. (2006). Strategi pembelajaran bahasa Jawa bagi anak-anak. In Kongres Bahasa Jawa IV. Semarang.

Sukardi. (2011). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwardi. (2005). Metode pembelajaran bahasa Jawa. Yogyakarta: Departemen Agama Propinsi DIY. Diambil dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-suwardi-mhum/c2metode.pdf

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, H., & Akbar, R. P. S. (1995). Pengantar statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. U. (2011). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, N. S. (2014). Implementasi muatan lokal membatik di SMA negeri I Situbondo. Jurnal Pendidikan Humaniora (JPH), 1(4), 337–342. https://doi.org/10.17977/JPH.V1I4.4143

Wurm, S. A. (2001). Atlas of the world’s language in danger of disappearing. Paris: UNESCO Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats