KEFEKTIFAN TRAINER DIGITAL BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN MODEL BRIEFCASE DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMK

Umi Rochayati, FT UNY, Indonesia
Suprapto Suprapto, FT UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kefektifan trainer digital berbasis mikrokontroler sebagai sarana pembelajaran praktik di SMK, dan (2) tanggapan dari guru dan siswa pengguna trainer. Objek yang diteliti adalah Trainer digital hasil rancangan yang telah tervalidasi. Uji kefektifan dilakukan melalui penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Responden penelitian terdiri dari 19 siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah I Bantul. Instrumen penelitian terdiri atas angket untuk guru dan siswa, soal pretest dan posttest. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji tingkat keefektifan Trainer digunakan uji N-gain. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, sosialisasi yang dilakukan terhadap guru-guru SMK diperoleh tanggapan 28,6% guru menyatakan bahwa Trainer digital yang telah dikembangkan sangat menarik dan 71,4% guru menyatakan menarik. Kedua, uji kefektifan dengan menggunakan N-gain diperoleh nilai gain sebesar 70,50% dan masuk kategori efektif. Ketiga, motivasi belajar siswa dengan menggunakan trainer 68,42% sangat tinggi dan 31,58% tinggi. Dengan demikian, trainer digital berbasis mikrokontroler efektif digunakan sebagai sarana pembelajaran praktik digital di SMK.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats