PENGEMBANGAN BUKU REFERENSI MENULIS FAKTUAL BERBASIS MULTILITERASI

Ary Kristiyani, (SINTA ID : 5991651) Indonesian Education Department, Faculty of Languages and Arts. Yogyakarta State University

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis faktual, menghasilkan buku referensi menulis faktual berbasis multiliterasi dan mendeskripsikan pendapat pakar terhadap produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, studi lapangan, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data kualitatif seperti data wawancara dan analisis dokumen. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengolah data angket. Prosedur pengembangan mengikuti langkah desain produk, tahap uji materi dan merevisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis faktual menggunakan sumber referensi di internet, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan Buku Sekolah Elektronik. Buku referensi menulis faktual berbasis multiliterasi disusun secara runtut dan detail untuk membantu pembaca memahami, menggunakan, dan mengaplikasikan dalam praktik menulis faktual. Buku referensi menulis faktual berbasis multiliterasi dalam kategori layak digunakan dengan revisi, yaitu perbaikan pada penerapan multiliterasi.

DEVELOPING MULTILITERACIES BASED WRITING FACTUAL REFERENCE BOOK

This study was aimed at describing the factual writing of the students before using multiliteracies based factual reference book, generating multiliteracies based factual reference book, and describing the expert judgements of the reference book. This study used Research and Development (R&D) method. The data were collected through literature studies, field studies, interviews, and questionnaires. The data analysis methods used were qualitative and quantitative analysis. The qualitative analysis was used to describe the data from the interview and the documentation. The quantitative analysis was used to analyze the questionnaire data. The stages of this study were product design, expert judgement, and revision. The result of the study shows that before the use of multiliteracies based reference book, the learning materials are limited to the reference sources on the internet, General Guidelines for Indonesian Spelling, Indonesian Dictionary, and Electronic School Textbooks. Multiliteracies based writing factual reference book is arranged in coherence and detail to help readers in understanding, using, and applying the factual writing texts. The expert judgements on the product show that the product is categorized into feasible with revision. Some improvements are needed in the multiliteracies application.


Keywords


menulis faktual, multiliterasi, buku referensi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pem-belajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Azizah, I. N., Abidin, Y., & Yunansah, H. (2015). Penggunan model multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Haryadi. (2003). Hubungan intensitas mendengarkan ceramah, pemahaman buku teks dan partisipasi berorganisasi dengan retorika. Jurnal Kependidikan, 33(2), 161-180.

KBBI [Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring]. (2016). Diunduh dari https://kbbi.kemdikbud.go.id.

Leksono, S. M., Syachruroji, A., & Maria-ningsih, P. (2015). Pengembangan bahan ajar biologi konservasi berbasis etnopedagogi. Jurnal Kependidikan, 45(2), 168-183.

Lestyarini, B. (2011, Januari). Asesmen autentik dan relevansinya di era multi-literasi. Makalah dipresentaikan dalam Seminar Nasional HEPI. Lampung.

Moedjiarto. (1998). Telaah dan revisi buku ajar karya dosen. Jurnal Kependidikan, 28(2), 265-280.

Pardiyono. (2007). Pasti bisa! Teaching genre-based writing. Yogyakarta: Andi Offset.

Prihandoko, Slamet, St. Y., & Winarno (2017). Pendekatan cognitive moral sebagai kerangka pengembangan bahan ajar PPKN di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan, 1(2), 200-213.

Sari, E. S., Suryaman, M., & Lestyarini, B. (2011). Model multiliterasi dalam perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Laporan penelitian tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogya-karta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuan-titatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, M. (2012, Mei). Penulisan buku teks pelajaran. Makalah disajikan pada Workshop Penulisan Buku Teks Pelajaran. Universitas Dokter Soetomo, Surabaya.

Syamsi, K., Setiawan, T., & Suryaman, M. (2017). Evaluasi diri strategi belajar mahasiswa program studi magister pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan, 1(2), 348-359.

Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Kemam-puan literasi statistik calon guru ditinjau dari kemampuan awal matematika. Jurnal Kependidikan, 2(2), 395-408.

Universitas Negeri Yogyakarta. (2015). Kurikulum 2014 berbasis KKNI. Yogya-karta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.30724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats