PENGEMBANGAN BUKU AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT
Roemintoyo Roemintoyo, Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Aliffah Kartikasari, Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar IPA berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan meliputi dua tahap, yakni studi pendahuluan dan pengembangan prototipe. Subjek penelitian adalah lima orang guru dan 27 peserta didik kelas IV sekolah dasar untuk tahap ujicoba terbatas. Sampel untuk uji coba luas sebanyak 49 peserta didik dengan desain praeksperimental dan untuk uji efektivitas dengan desain quasi eksperimen sebanyak 43 peserta didik. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan kajian pustaka dianalisis dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman untuk memperoleh deskripsi naratif. Data kuantitatif diperoleh dari tes belajar kognitif yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan teknik paired dan independent t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe buku ajar IPA berbasis STM untuk tema sumber daya alam yang dikembangkan sudah layak menurut tinjauan ahli dan direspons baik oleh guru dan peserta didik. Penggunaan bahan ajar IPA berbasis STM secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik.
DEVELOPING SCIENCE TEXTBOOK BASED ON SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY
This study was aimed at developing a science textbook based on Science Technology Society (STM) for primary school. The method used was research and development (R&D). The development procedure included two stages, namely a preliminary study and prototype development. The research subjects were 5 teachers and 27 students in grade IV elementary school for the limited trial phase. The samples for the broad trial were 49 students with a pre-experimental design and for effectiveness tests with a quasi-experimental design were 43 students. Qualitative data obtained from interviews, observations and literature reviews were analyzed using the interactive techniques proposed in the Miles & Huberman model to obtain narrative descriptions. The quantitative data obtained from cognitive learning tests have met the criteria of validity and reliability. The quantitative data analysis was performed using paired techniques and independent t-tests. The results show that the developed prototype of the STM-based science textbook for the theme of natural resources is appropriate according to expert reviews and responded to both by teachers and students. The use of STM-based science teaching materials significantly influences students' learning achievement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Avikasari, Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Keefektifan penggunaan bahan ajar science literacy terhadap peningkatan prestasi belajar. Jurnal Kependidikan, 2(2), 221-234.
Belawati, T. (2003). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Binadja, A. (2006). Pedoman pengem-bangan silabus bervisi dan berpen-dekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) atau (Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat) bahan pembelajaran penerbitan khusus media MIPA UNNES. Semarang: Laboratorium SETS. Universitas Negeri Semarang.
Cook, M. (2008). Students’ comprehension of science concepts depicted in text-book illustrations. Electronic Journal of Science Education, 12(1), 1-14.
Depdiknas. (2008). Panduan pengembang-an bahan ajar. Jakarta: Direktoral Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Panduan implementasi kecakapan abad 21 Kurikulum 13 di Sekolah Menegah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. (2003). Educational research. An introduction (7th ed.). New Jersey: Pearson.
Gusmedi, N., Hasra, A., & Kamus, Z. (2013). Pengaruh penerapan lembar kerja siswa berbasis sains teknologi masyarakat terhadap hasil belajar fisika kelas VIII SMPN 18 Padang. Pillar of Physics Education, 2(1), 81-88.
Nurohman, S. (2006). Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan life skill peserta didik. Majalah Ilmiah Pembelaiaran, 2(1), 59-71.
Pedretti, E. (2003). Teaching science, technology, society and environment (STSE) education. Dalam Dana L. Zeidler (Ed.), The role of moral reasoning on socioscientific issues and discourse in science education (pp. 219-239). Dordrecht: Springer.
Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Kusoro, S. (2013). Pengembangan modul IPA berbasis etnosains zat aditif dalam bahan makanan untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. Unnes Science Education Journal, 2(1), 133-139.
Sinatra, G. M., & Broughton, S. H. (2011). Bridging reading comprehension and conceptual change in science education: The promise of refutation text. Reading Research Quarterly, 46(4), 374-393.
Sugiyanto, Kartika, I., & Purwanto, J. (2012). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis sains-lingkunganteknologi-masyarakat dengan tema teknologi biogas. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi dan Pembelajaran, 42(1), 54-60.
Suherman, E. (2008). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya, 5(2), 1-31.
Rahmawati, D., Rahman, T., & Amprasto, A. (2017, September). Efforts to handle waste through science, en-vironment, technology and society (SETS). Journal of Physics: Con-ference Series, 895(1), p. 012124.
Titin, Sunarno, W., & Masykuri, M. (2012). Pembelajaran biologi menggunakan model sains teknologi masyarakat (STM) berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar, dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Inkuiri, 1(3), 245-257.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasa, A. D. (2018). Pengembangan modul tematik berbasis STM (Sains, Teknologi dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 21-26.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.30602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats