PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM MEWUJUDKAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER

Authors

  • Wagiran Wagiran FT UNY
  • Sudji Munadi FT UNY
  • Syukri Fathudin FT UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2195

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model penguatan soft skills dalam mewujudkan calon guru kejuruan profesional berkarakter. Penelitian  dirancang dengan menggunakan  pendekatan  Researchand  Development selama dua tahun. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala SMK, guru, mahasiswa, dan ahli pendidikan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian meliputi hal-hal berikut ini. Pertama, rumusan model penguatan soft skills calon guru difokuskan kepada dua mata kuliah utama, yakni pengajaran mikro dan PPL dengan model integratif. Kedua, urgensi aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata di atas  rerata kriteria, dan pencapaian skor masing-masing 88,2%, dan 87,11%. Ketiga, kemampuan aspek hard skills dan soft skills berada dalam kategori baik/penting dengan pencapaian rerata atas rerata kriteria,dan pencapaian skor masing-masing 72,81%, dan 74,11% dalam kategori cukup tinggi

Downloads

Published

2014-06-06

How to Cite

Wagiran, W., Munadi, S., & Fathudin, S. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PENGUATAN SOFT SKILLS DALAM MEWUJUDKAN CALON GURU KEJURUAN PROFESIONAL BERKARAKTER. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1). https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2195

Issue

Section

Artikel