PENGUKURAN INDEKS ETOS BELAJAR SISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Sugeng Bayu Wahyono FIP UNY
  • Deni Hardianto FIP UNY
  • Estu Miyarso FIP UNY

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2191

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merumuskan dan memetakan indeks etos belajar siswa ditinjau dari asal daerah kabupaten/kota; mengetahui penyebab rendahnya etos belajar siswa; serta mengetahui komitmen sekolah dalam usaha mengatasi rendahnya etos belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode survai. Untuk mengumpulkan data-data primer dari pengalaman dan pendapat responden dilakukan melalui angket dan wawancara terbimbing. Analisis menggunakan model kuantitatif dengan menerapkan statistik deskriptif yang dikombinasi dengan analisis diskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa etos belajar siswa sekolah di daerah pinggiran masih dalam kategori sedang cenderung rendah, sementara untuk siswa sekolah di daerah pusat masuk dalam kategori sedang cenderung tinggi. Letak teritorial cenderung memiliki hubungan signifikan terhadap rendahnya etos belajar siswa di sekolah pinggiran

Downloads

Published

2014-06-06

How to Cite

Wahyono, S. B., Hardianto, D., & Miyarso, E. (2014). PENGUKURAN INDEKS ETOS BELAJAR SISWA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(1). https://doi.org/10.21831/jk.v44i1.2191

Issue

Section

Artikel