ANALYZING FACTORS INFLUENCING THE TEACHER CAREER PROMOTION
Abstract
ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEPATAN KENAIKAN KARIR GURU SEKOLAH DASAR
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi, disiplin kerja, dan pengaruhnya pada kenaikan pangkat guru; hubungan antara kemampuan menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi, disiplin kerja terhadap kecepatan kenaikan pangkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Subyek penelitian ini adalah guru PNS sekolah dasar negeri di Sleman yang berjumlah 172 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan tes. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas dan reliabilitas dengan metode internal consistency. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan cara menganalisis korelasi dan analisis regresi sederhana/berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan kemampuan guru sekolah dasar negeri dalam menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi guru, dan disiplin kerja mayoritas masuk termasuk dalam kategori sedang. Kemampuan guru sekolah dasar negeri dalam menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi guru, dan disiplin kerja berpengaruh pada kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri.
Abstract
This study was aimed at determining teachers' scientific paper writing ability, achievement motivation, work discipline, and the impact on teacher promotion; and the relationship between the ability to write scientific papers, achievement motivation, work discipline to the speed of the promotion. This study was categorized as survey research. The subjects of this study were 172 elementary school teachers (state civil apparatus) in Sleman. The data collection techniques used in this study were questionnaires and tests. The instrument used has been tested for validity and reliability using the internal consistency method. The collected data were then analyzed using inferential statistics by analyzing correlations and simple/multiple regression.The results show that the majority of scientific paper writing ability, achievement motivation, and work disciplines of the teacher are as a medium category. It is also can be found that the writing scientific paper ability, achievement motivation, and work discipline has an effect on their career promotion.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armstrong, M. (2010). Armstrong’s essential human resource management practice: A guide to people management. London: Kogan Page Limited.
Handayani, T., & Rasyid, A.A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akunta-bilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 15-30.
Jabar, C. S. A. (2017) Komponen budaya sekolah unggul. Jurnal Kependidikan, 1(2), 277-290.
Mangkunegara, A. A. N. P., & Puspitasari, M. (2015) Kecerdasan emosi, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan, 45(2), 70-85.
Ngadimin, & Wuradji (2014: 188). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja, dan kedisiplinan terhadap pengembangan karirguru SD. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 44-60.
Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Rebore, R. W. (2011). Human resources administration in education, a manage-ment approach. Boston: Pearson.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D (cetakan ke-8). Bandung: Alfabeta.
Sunarta, & Wuradji. (2013). Kepemimpinan partisipatif, budaya kerja, dan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 110-125.
Susanto, A., & Wibowo, U. B. (2017). Manajemen perubahan sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manaje-men Pendidikan, 5(2), 135-149.
Wangid, M.N. (2017). Efektivitas tutor sebaya dan pekerjaan rumah dalam meningkatkan self regulated learning siswa. Jurnal Kependidikan, 1(2), 306-319.
Wolf, J. (2015). Seven disciplines of a leader. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.
DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v3i2.20331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats