IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BY THE CONSTRUCTIVE APPROACH (BLCA) DALAM PEMBELAJARAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
C. Asri Budiningsih, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Implementasi blended learning by the constructive approach (BLCA) dalam pembelajaran interaksi manusia dan komputer bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar dalam pembelajaran interaksi manusia dan komputer (IMK). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa Prodi TP FIP UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa,pemahaman konsep dalam pembelajaran IMK meningkat melalui implementasi BLCA dengan rerata nilai tes pada siklus I yaitu 67,56; siklus II menjadi 73,2, dan siklus III menjadi 80,9. Kemandirian belajar dalam pembelajaran IMK meningkat melalui implementasi BLCA, dengan rerata skor angket siklus I yaitu 61,52; siklus II menjadi 64,98; dan siklus III menjadi 68,46. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi BLCAdapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar dalam pembelajaran IMK.
Kata kunci: blended learning, constructive approach, interaksi manusia dan komputer, pemahaman konsep, kemandirian belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Dian Wahyuningsih, C. Asri Budiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics