Multiple intelligences mapping for tutors in Universitas Terbuka
Iqbal Miftakhul Mujtahid, Universitas Terbuka, Indonesia
Rian Vebrianto, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Musa Thahir, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adilla, S., Zubainur, C. M., & Ahmad, A. (2019). Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Multiple Intelligences pada Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. 7(1), 193–206. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13748
Agustin, M. (2013). Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 113–122. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10390
Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Logaritma, I(01), 1–14. https://doi.org/10.1111/jofi.12406
Amstrong, T. (2002). 7 Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Berdasarkan Teori Multiple Intelligences, terj. T. Hermaya. Gramedia Pustaka Utama.
Amstrong, T. (2014). Kecerdasan Jamak Dalam Membaca dan Menulis. Indeks.
Arfiyanti, R., & Nuryanti, M. (2016). Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran Literasi. FKIP Unswagati.
Arifin, H. (2017). Konsep Multiple Intelligences System Pada Sekolah Menengah Pertama Al Washliyah 8 Medan Dalam Perspektif Islam. Jurnal EduTech, 3(1), 52–73.
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.
Arifmiboy. (2016). Multiple Intelligences: Mengoptimalkan Kecerdasan Anak sebagai Upaya Dalam Mempersiapkan Generasi Emas Masa Depan. International Seminar on Education 2016, 69–84.
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in The Classroom: 3 Edition. ASCD.
Aryani, A. D., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intellegence yang Dominan Dalam Kelas Pada Materi Tekanan. Edusains, 6(2), 129– 136. https://doi.org/10.15408/es.v6i2.1114
Basuki, K. H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 120–133. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.332
Baum, S., Viens, J., & Slatin, B. (2005). Multiple Intelligences in the Elementary Classroom. Teacher College, Columbia University.
Bybee, R. W. (2013). The Case for STEM Education - Challenges and Opportunities. NSTA Press.
Coles, R. (1990). The Spiritual Life of Children. Harper Collins.
Derakhshan, A., & Faribi, M. (2015). Multiple Intelligences: Language Learning and Teaching. International Journal of English Linguistics, 5(4). https://doi.org/10.5539/ijel.v5n4p63
Ege, B., Supiandi, M. I., & Syah, D. A. (2016). Hubungan antara Multiple Intellgences dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA 1, 863–872.
Fatonah, S. (2009). Menumbuhkan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Anak dengan Mengenal Gaya Belajarnya Dalam Pembelajaran IPA SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(229–245).
Fauziah, N. (2014). Empati, Persahabatan, dan Kecerdasan Adversitas Pada Mahasiswa yang Sedang Skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78–92.
Fikriyah, F. Z., & Aziz, J. A. (2018). Penerapan Konsep Multiple Intelligences pada Pembelajaran PAI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 220–244. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.17
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Gardner, H. (1998). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. BasicBooks.
Hapsari, B. I., Syukri, M., & Yusuf, A. (2013). Pengembangan Kecerdasan Musikal Dalam Pembelajaran Musik Angklung Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Haryati, S. (2014). Pengembangan Intelegensi Majemuk dalam Proses Pembelajaran. Jurnal FKIP Untidar, 14(2), 114–124.
Hasanah, U. (2015). Konsep Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Perspektif Munif Chatib. Tarbawiyah, 12(2), 209–232. https://doi.org/10.4135/9781506307633.n545
Hoerr, T. R. (2000). Becoming a Multiple Intelligences School. ASCD.
Hoerr, T. R. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences Thomas R. Hoerr. Kaifa.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27–38.
Joseph F. Hair, J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2006). Multivariate Data Analysis. Pearson Educational International.
Lazear, D. G. (1992). Teaching for Multiple Intelligences. Phi Delta Kappa Education Foundation.
Linda, C., Campbell, B., & Dickinson, D. (1996). Teaching and Learning through Multiple Intelligences. MA. Allyn & Bacon.
Maulidah, N., & Santoso, A. (2014). Permainan Konstruktif untuk Meningkatkan Kemampuan Multiple Intelligence (Visual-Spasial dan Interpersonal). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 27–47.
McClellan, J. A., & Conti, G. J. (2008). Identifying the Multiple Intelligences of Your Students. Journal of Adult Education, 37(1), 13–32. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ891071&site=ehost-live
McKenzie, W. (2005). Multiple Intelligences and Instructional Technology. International Society for Technology in Education.
Mulyani, K., D, R., Selaras, G. H., & Fitri, R. (2019). Multiple Intelligences of Students in SMPN 22 Padang Multiple Intelligences Peserta Didik Kelas IX SMPN 22 Padang. Atrium Pendidikan Biologi, 4(2), 112–119.
Patimah, S., Sholahuddin, A., & Sadiqin, I. K. (2019). Studi Kasus Identifikasi Gaya Belajar dan Multiple Intelligences Mahasiswa Baru Calon Guru Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 76. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5945
Raskanda, M. I., Suwarma, I. R., & Liliawati, W. (2018). Interpretasi Profil Kecerdasan Majemuk Dominan Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Test Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 102–105. http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/381/349
Rofiah, & Hidayati, N. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/937/875
Rose, C., & Nicholl, M. J. (2001). Accelerated Learning for the 21 Century (Cara Belajar Cepat Abad XXI). Penerjemahah: Dedi Ahimsa. Nuansa Kerjasama dengan Pusat Perbukuan Depdiknas.
Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving Pada Topik Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 56. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi Jurnal
Sahnan, A. (2019). Multiple Intelligence Dalam Pembelajaran PAI (Al-Qur`An Hadits SD/MI). Hilos Tensados, 1(2), 44–66. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Selaras, Hijrah, G., Anhar, A., & Sumarmin, R. (2013). Hubungan Multiple Intelligences dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN di Kota Padang. E-Jurnal UNP, 1(2), 22–34.
Septiana, K. G., & Ikhsan, J. (2017). Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences dengan Model PBL terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 43. https://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1785
Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5180
Solikhin, & Mustakim. (2015). Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya dan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media. Jurnal Pendidikan, 16(2), 74–90.
Suniyah, Rohmadi, M., & Sulistiyo, E. T. (2018a). Implementasi Strategi Pembelajaran Menulis Berbasis Multiple Intelligences. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 174–182. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p174
Suniyah, S., Rohmadi, M., & Sulistiyo, E. T. (2018b). Implementasi Strategi Pembelajaran Menulis Berbasis Multiple Intelligences. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 174–182. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p174
Suryawati, E. (2015). Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi dan Daya Saing Lulusan MIPA LPTK Berbasis KKNI dan Kerangka TPCK. Stranas, 2(1), 67–68.
Syarifah. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable, 2(2), 154–175. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Ulfa. (2017). Optimalisasi Pengembangan Multiple Intelligences Pada Anak Usia Dini di RA Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 76–93.
Vialle, W. J. (2007). Spiritual Intelligence: An Important Dimension of Giftedness. Values and Foundations in Gifted Education, 4(3), 171–186.
Vitria, D., & Kholilah. (2019). Minat Remaja Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi ditinjau dari Kondisi Ekonomi Keluarga di Desa Manyabar Kecamatan Panyabungan. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 1–11.
Widiyasari, F. E. (2013). The Implementation of Multiple Intelligences on the Process of Teaching and Learning English (A Case Study on Fourth Grade Students of SD Kristen 3 Klaten in The Academic Year 2012/2013 2012/2013)”. Journal of English Teaching, 1(1), 12–22.
Winarno, J. (2008). Emotional Intelegence sebagai Salah Satu Faktor Penunjang Prestasi Kerja. Jurnal Manajemen Maranatha, 8(1), 12–19. https://doi.org/10.28932/jmm.v8i1.195
Yasbiati, Giyartini, R., & Lutfiana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Kegiatan Bercocok Tanam di Bambim Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 203–213.
DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.39651
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.