Penerapan Project Based Learning untuk Mendukung Kemampuan Engineering Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.652Keywords:
Project based learning, Kemampuan engineering anak usia dini, Engineering anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan penerapan Project Based Learning untuk mendukung kemampuan Engineering anak usia dini. Penerapan PjBL dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu anak dalam mencapai kemampuan Engineering secara optimal. Menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Etnografi dengan teknik observasi partisipasi. Guru dan peserta didik sebagai subjek wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Analisis data menggunakan model Spradley, yaitu memilih masalah, mengumpulkan data, menganalisis data, memformulasikan hipotesis, dan menuliskan etnografi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi seperti, validasi sumber data dengan menyertakan guru. Hasil penelitian menunjukkan 7 tahapan penerapan PjBL untuk meningkatkan 5 tahapan kemampuan Engineering anak usia dini, yaitu (1) proses pencarian masalah, (2) bertanya, (3) menentukan solusi, (4) membayangkan dan merencanakan proyek, (5) membuat,(6) uji coba dan evaluasi, dan (7) meningkatkan dan perbaikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengaruh yang besar kepada anak usia dini dan para pendidik dalam menerapkan PjBL untuk meningkatkan kemampuan Engineering. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan acuan kepada para guru dalam mengembangkan pembelajaran proyek untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dimiliki peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Ulul Fatihah Nur Azizah, Muniroh Munawar, Dwi Prasetyawati D.S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.