Validitas dan Reliabilitas Asesmen Literasi Awal (ALIA) untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.649Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas asesmen literasi awal (ALIA) untuk anak usia dini berusia 4 hingga 7 tahun. Mengingat pentingnya hasil asesmen ini bagi anak, guru, sekolah, dan pemangku kepentingan Pendidikan di Indonesia, penelitian ini fokus pada tes paket kedua dari empat paket yang dikembangkan berdasarkan blueprint yang sama. Metode penelitian menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis). Sampel penelitian 131 anak usia 4 hingga 7 tahun dari lima provinsi di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi awal dengan lima aspek yang diukur; bahasa lisan, bahasa tulis, kesadaran fonologi, pengetahuan alfabetik, dan korespondensi grafem-fonem. Hasil penelitian menunjukkan model fit yang baik dengan nilai goodness of fit yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Selain itu, reliabilitas konstruk diperoleh variable laten utama bernilai 0.97 dengan kriteria sangat memuaskan. Hasil penelitian ini memberi konstribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan literasi di Indonesia melalui asesmen yang valid, reliabel, dan sesuai konteks budaya.