Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak di Era Digital

Authors

  • Rini Agustiningsih Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Achmad Dardiri Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Siti Partini Suardiman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1-2.626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi penelitian adalah guru TK di kota Yogyakarta. yang berjumlah 252 orang. Seluruh populasi penelitian ditetapkan sebagai responden penelitian.  Teknik pengambilan data yang digunakan adalah  kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup aspek pemahaman dasar tentang teknologi digital, penggunaan perangkat lunak, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 56% guru TK memiliki pemahaman yang cukup baik pada aspek dasar teknologi digital, sebesar 64% guru TK sudah menggunakan perangkat lunak untuk mendukung pembelajaran, dan sebesar 71% guru TK sudah menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Rekomendasi yang diberikan adalah: (1) perlu dilakukan pelatihan terkait dengan penguasaan teknologi digital bagi para guru TK, (2) perlu disediakan infrastruktur teknologi digital yang memadai, dan (3) perlu dilakukan pembinaan secara berkelanjutan kepada para guru TK untuk memastikan dapat melakukan adaptasi teknologi secara efektif di era digital.

   

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-03

How to Cite

Agustiningsih, R., Dardiri, A., & Suardiman, S. P. (2024). Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 239–249. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1-2.626

Citation Check