Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1-2.626Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi penelitian adalah guru TK di kota Yogyakarta. yang berjumlah 252 orang. Seluruh populasi penelitian ditetapkan sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup aspek pemahaman dasar tentang teknologi digital, penggunaan perangkat lunak, serta penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 56% guru TK memiliki pemahaman yang cukup baik pada aspek dasar teknologi digital, sebesar 64% guru TK sudah menggunakan perangkat lunak untuk mendukung pembelajaran, dan sebesar 71% guru TK sudah menerapkan teknologi dalam proses pembelajaran. Rekomendasi yang diberikan adalah: (1) perlu dilakukan pelatihan terkait dengan penguasaan teknologi digital bagi para guru TK, (2) perlu disediakan infrastruktur teknologi digital yang memadai, dan (3) perlu dilakukan pembinaan secara berkelanjutan kepada para guru TK untuk memastikan dapat melakukan adaptasi teknologi secara efektif di era digital.