Pengembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Orang Tua

Authors

  • Durrotun Ma'rufah RA Raudlatul Ulum, Indonesia
  • Richma Hidayati Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.535

Abstract

Maraknya fenomena degradasi moral yang sangat menyayat hati membuat pendidikan moral memiliki peran penting untuk membentuk karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keteladanan orang tua dalam menstimulasi perkembangan moral anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode miles dan Huberman atau flow model analysis yang meliputi pereduksian data, menyajikan data, dan melakukan penarikan kesimpulan dengan mengambil sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan moral dapat dilakukan melalui pembiasaan sehari-hari keteladanan agama dan keteladanan moral. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan moral anak sangat krusial, di mana keteladanan moral dan agama yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari dapat membentuk karakter anak yang baik, menunjukkan bahwa pembentukan karakter merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga dan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Ma'rufah, D., & Hidayati, R. (2024). Pengembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Keteladanan Orang Tua . Jurnal Pendidikan Anak, 13(2), 231–238. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i2.535

Citation Check