Pengembangan Kemampuan Motorik dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Menggunakan Permainan Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.387Keywords:
Permainan tradisional, Keterampilan fisik-motorik, Keterampilan sosial emosional, Perkembangan anak usia diniAbstract
Kemampuan fisik-motorik dan sosial-emosional adalah kemampuan yang menjadi dasar dan prediktor perkembangan anak di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran permainan tradisional dalam meningkatkan perkembangan fisik-motorik dan sosial-emosional anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau kepustakaan. Langkah-langkah penelitian meliputi review artikel yang relevan dengan rumusan masalah, analisis hasil penelitian, dan deskripsi hasil untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian literatur menunjukkan bahwa permainan tradisional di berbagai daerah di Indonesia berperan penting dalam mengembangkan fisik-motorik dan sosial-emosional anak usia dini. Hubungan permainan tradisional dengan perkembangan fisik-motorik anak terlihat dari peningkatan kesehatan, kebugaran, dan kemampuan gerak (seperti kekuatan otot, daya tahan, fleksibilitas, kecepatan gerak, koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan). Sementara itu, pengaruhnya terhadap perkembangan sosial-emosional anak terlihat dari interaksi anak dengan teman sebaya, keterampilan membangun hubungan, keterampilan memecahkan masalah, sosialisasi, kerja sama, rasa percaya diri, membantu teman, dan kerja sama dalam kelompok.