Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Montessori untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Semi Stefanus Taneo Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Adi Admoko Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Bambang Budi Wiyono Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.345

Keywords:

Alat peraga Montessori, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Abstract

Penggunaan alat peraga  memiliki  pengaruh  dalam  meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak usia dini.  Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses penggunaan alat peraga Montessori serta melihat dampak yang didapatkan setalah menggunakan alat peraga Montessori. Penelitian ini  merupakan  penelitian  kualitatif  yang menggunakan teknik analisis seperti pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Teknik pengumpulan data dalam studi ini melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar  mendapatkan  hasil  yang  valid  dan tepercaya. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa agar alat peraga efektif maka dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga dapat ditunjukkan bahwa penggunaan alat peraga Montessori. Alat peraga Montessori dapat digunakan sebagai solusi dalam mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Taneo, S. S., Admoko , A., & Wiyono , B. B. (2024). Keefektifan Penggunaan Alat Peraga Montessori untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 72–81. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.345

Citation Check