Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini

Authors

  • Syifaul Adhimah Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel, Indonesia
  • Laili Mas Ulliyah Hasan Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab dan Dakwah Masjid Agung Sunan Ampel, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342

Keywords:

Arabic Language Learning, Gadget

Abstract

Penggunaan gadget dianggap sebagai salah satu alat pembelajaran yang memiliki manfaat besar bagi anak, termasuk anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi pembelajaran bahasa Arab yang diberikan oleh komunitas guru taman kanak-kanak melalui penggunaan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Data primer diperoleh dari kepala sekolah dan guru kelas kelompok usia 5-6 tahun. Sementara itu, data sekunder meliputi hasil observasi pembelajaran. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan gadget berdampak positif bagi anak terutama untuk mengenalkan kata-kata bahasa Arab. Anak-anak menunjukkan fokus yang tinggi dalam pembelajaran bahasa Arab karena penggunaan audiovisual yang inovatif oleh guru. Oleh karena itu, penggunaan gadget memungkinkan mereka untuk menirukan lafal bahasa Arab sesuai dengan contoh yang diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-26

How to Cite

Adhimah, S., & Hasan, L. M. U. (2024). Transformasi Pembelajaran Bahasa Arab melalui Gadget oleh Komunitas Guru Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 13(1), 65–71. https://doi.org/10.21831/jpa.v13i1.342

Citation Check