Upaya peningkatan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI Bahasa SMA N 1 Sedayu melalui project-based learning

Authors

  • Puspasari Dewi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Lia Malia Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/jclf.v1i2.99

Keywords:

Bahasa Jerman, Keterampilan Menulis, Project-Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) keterampilan menulis Bahasa Jerman, dan (2) keaktifan peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sedayu melalui project based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) keberhasilan produk, dan (2) keberhasilan proses. Strategi dalam penelitian ini ditentukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Sedayu yang terdiri atas 32 peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, tes keterampilan menulis bahasa Jerman dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul. Peningkatan nilai rata- rata keterampilan menulis peserta didik mencapai 9% dan (2) keaktifan peserta didik meningkat sebesar 10%.

 

Improving german writing skills for grade Xi Language students of SMA N 1 Sedayu through project-based learning

 

Abstract: This study aims to improve: (1) writing skills in German, (2) the activeness of students in class XI Language SMA Negeri 1 Sedayu through project-based learning. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of four phases, namely planning, action, observation, and reflection. Indicators of success in this study are (1) the success of the product and (2) the success of the process. The strategy in this study was determined collaboratively between the researcher and the teacher. The subjects of this study were 32 students of class XI Language SMA Negeri 1 Sedayu. The data in this study were obtained through interviews, observations, questionnaires, field notes, tests of German writing skills, and documentations. The data were analyzed in a descriptive qualitative manner. The results of this study indicate (1) that the project-based learning method can improve the German writing skills of class XI students of SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul. The average of their scores improved by 9%. (2) The activeness of students improved up until 10%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi, Dkk. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatturrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kemdikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemdikbud.

Kemmis, Stephen and Robbin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner, 3 nd ed. Deakin University. Victoria.

Nofrion. (2019). Padlet sebagai Platform Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi. Padang: Universitas Negeri Padang

Rais, M. (2010). Model Project based learning sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (43) 3.

Downloads

Published

2024-10-22

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.