Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Jawa Legena Melalui Media Komputer Siakna Bagi Tunagrahita Ringan

 Bekti Winoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa “legena” melalui media komputer “SIAKNA” bagi siswa tunagrahita ringan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B SMPLB SLB Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  dengan desain penelitian Suharsimi Arikunto. Subjek penelitian adalah 3 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media komputer SIAKNA dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa legena dengan prosentase 95%. Kesimpulannya penggunaan media komputer “SIAKNA” dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Jawa legena siswa kelas VII B SLB Negeri 1 Yogyakarta.


Keywords


media komputer;SIAKNA;huruf Jawa legena;tunagrahita ringan



DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i2.27591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah WUNY