Peningkatan Keterampilan Pembuatan Tas Melalui Model Pembelajaran Eksplisit

Authors

  • Laila Nurul Himmah

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26853

Keywords:

anak tunagrahita ringan, keterampilan tata busana, pembelajaran eksplisit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah dua peserta didik pada bulan Maret hingga April 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis keberhasilan penelitian dilakukan secara individu, yaitu per aspek per anak karena perkembangan anak tunagrahita tidak dapat dibandingkan dengan anak lain melainkan perkembangan pada dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit.
Kata kunci: anak tunagrahita ringan, keterampilan tata busana, pembelajaran eksplisit

References

Apriyanto, N. (2012) Seluk-Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: JAVALITERA

Astati. (2011). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset

Astati. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset

Jamaris, M. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologipendidikan. Jakarta: Yayasan Panamas Murni

Somantri, S . (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Refika Aditama

Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Widati, S. (2011). Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Amanah Offset.

Downloads

Published

2019-05-01

How to Cite

Himmah, L. N. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Tas Melalui Model Pembelajaran Eksplisit. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26853