Peningkatan Keterampilan Pembuatan Tas Melalui Model Pembelajaran Eksplisit
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26853Keywords:
anak tunagrahita ringan, keterampilan tata busana, pembelajaran eksplisitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta dengan jumlah dua peserta didik pada bulan Maret hingga April 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Analisis keberhasilan penelitian dilakukan secara individu, yaitu per aspek per anak karena perkembangan anak tunagrahita tidak dapat dibandingkan dengan anak lain melainkan perkembangan pada dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar keterampilan tata busana materi pembuatan tas pada anak tunagrahita ringan kelas VII SMPLB-C Negeri 1 Yogyakarta yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran eksplisit.Kata kunci: anak tunagrahita ringan, keterampilan tata busana, pembelajaran eksplisit
References
Apriyanto, N. (2012) Seluk-Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: JAVALITERA
Astati. (2011). Bina Diri Untuk Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset
Astati. (2011). Pendidikan Anak Tunagrahita. Bandung: Amanah Offset
Jamaris, M. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologipendidikan. Jakarta: Yayasan Panamas Murni
Somantri, S . (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Refika Aditama
Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Widati, S. (2011). Pembelajaran Kreatif Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Amanah Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.