Motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Fahlia Fahlia, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Mulyani, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha mahasiswa dan perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa dilihat dari pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Samawa dan  sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 sebanyak 49 orang yang dipilih dengan teknik  probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik paramatrik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Samawa berada pada ketegori sedang (cukup kondusif) dengan persentase  (60,46%), (2) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendidikan orang tua antara tamatan diploma/sarjana, tamatan SMA/SMK/MA/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat dengan nilai signifikansi (p: 0,925 > 0,05), (3) ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan dilihat dari pekerjaan orang tua antara wirausaha dan non wirausaha dengan nilai signifikansi (p: 0,000 < 0,005), (4) tidak ada perbedaan motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi dilihat dari pendapatan orang tua antara pendapatan tertinggi, pendapatan sedang dan pendapatan terendah dengan nilai signifikansi (p: 0,925>0,05).


Keywords


motivasi berwirausaha, pendidikan, pekerjaan, pendapatan orang tua.

Full Text:

DOWNLOAD FULL PAPER

References


Alma, Buchari. (2013). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.

BPS. (2016). Pengangguran terbuka menurut pendidikan tinggi yang ditamatkan. Di NTB Akhir Tahun 2016. Nusa Tenggara Barat: BPS Provinsi NTB. diakses tanggal 2 Desember 2016 pukul 13.00.

Ganefi. M, Ratih. S. and Harmoni. A. (2012). Entrepreneurship antecedent on student (case: female students final on year Gunadarma University). Jurnal Ekonomi Bisnis, 17(1), pp: 51-60

Handayani, Tri & Suyanto. (2016). Hubungan EQ, pengetahuan kewirausahaan, dan hasrat marginal menabung, dengan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi. Jurnal Harmoni sosial: Jurnal Pendidikan IPS. Volume 3, No 1, (pp. 95-104).

Hermina, U.N, Syarifah, N dan Desvira, Z. 2011. Pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat mahasiswa menjadi wirausaha pada program studi administrasi bisnis Politeknik Negeri Pontianak. Jurnal Eksos, 7(2), pp:130-141.

Indrakusuma, A. (1993) .Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Kadariyah. 1982. Analisa pendapatan nasional. Jakarta: Bima Aksara

Mahmood, R., L. Julienti., M. Yusop., M. Shukri., N. Deraman., N. Zakaria., S. Abdullah., R.M. Saad., A. Nasyrah.(2007). Prinsip-prinsip Asas Keusahawanan. Singapore: Thomson.

Mubassaroh, Siti dan Edwina, T.N. (2014). Hubungan pengetahuan antara tentang kewirausahaan dan dukungan orang tua dengan minat berwiraswasta pada siswa SMK Negeri 2 Wonosari. Jurnal ilmiah guru “COPE”, 2, pp: 62-72.

Purbayu & Ashari. (2005). Analisis statistic dengan microsoft excel & SPSS. Yogyakarta: Andi.

Saiman, Leonardus. (2014). Kewirausahaan: Teori, Praktik dan Kasus-kasus edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, 2013. Perilaku konsumen, CAPS (Center of Academy Publishing Service), Yogyakarta.

Santrock W. John. (2009). Educational psychology. Educational psychology. (3rd edition). New York: McGraw Hill,Inc.

Suyatno Purnama, Chamdan. (2010). Motivasi dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil (studi pada industri kecil sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, pp. 177-184.

Syaiful, Bahri Djamarah. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ven Sriram, Tigineh Mersha, (2010) "Stimulating entrepreneurship in Africa", World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, Vol. 6 Issue: 4, pp.257-272. (https://doi.org/10.1108/20425961201000020 diakses pada tanggal 31 agustus 2017).




DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fahlia dan Endang Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SOCIA is published by Faculty of Social Sciences, Yogyakarta State University in collaboration with HISPISI.

eISSN : 2549-9475    |     pISSN : 18295797

SOCIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                                


Suported by:

RJI Main logo

 

View My Stats