Peran pengasuhan dalam pembentukan perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22672Keywords:
Pengasuhan orang tua, Perilaku, Peran pengasuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, (2) perilaku siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan (3) peran pengasuhan orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam pembentukan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Desember 2014, dengan siswa sebagai subjek penelitian. Peneliti menggali informasi sampai pada titik jenuh menggunakan snowball sampling. Pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian menggunakan teknik informant review dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pengasuhan orang tua yang mengedepankan komunikasi tidak didukung lingkungan yang baik menyebabkan perilaku anak tidak baik. Pengasuhan yang cenderung mengarah ke penekanan tidak didukung lingkungan yang baik akan menyebabkan perilaku anak tidak baik. Apalagi pengasuhan yang memberi kebebasan tidak didukung dengan lingkungan yang baik otomatis akan menyebabkan anak yang tidak baik. Pendidikan IPS khususnya sosiologi berperan sangat penting dalam memperbaiki perilaku menyimpang terhadap remaja di sekolah, serta berperan strategis dalam mewujudkan perilaku yang baik.
References
Burt, S.A., Donnellan, M.B. (2009). Development and validation of the subtypesof antisocial behavior. Questionnaire Department of Psychology, Michigan State University, Michigan, US.
Desforges, C, Abouchaar, A. (2003). The impact of parental involvement, parental support and family education on pupil achievement and adjustment: a literature review. Queen's Printer 2003, British Columbia, Canada.
Feist, J.J. (2010). theories of personality, Jakarta: Salemba Humanika.
Hoeve, M., Blokland, A., Dubas, J.S., Loeber. R., Gerris J.R.M, Peter H. Laan, V.D. (2008). Trajectories of delinquency and parenting styles. Springer Science Business Media, LLC 2007, London.
Notosoedirdjo, M. & Latipun, (2011). Kesehatan mental, Malang, UPT Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Salkind, N.J., (2008). Encyclopedia of educational psychology. SAGE Publications, Inc., California, USA.
Schaffer, M., Clark, S., Elizabeth, Jeglic (2009). The role of empathy and parenting style in the development of antisocial behaviors. John Jay College of Criminal Justice, New York.
Shaffer, D.R, Kipp (2014). Developmen-tal psychology: childhood an adoles-cence, 9th Edition. Canada: Wadswort Cengage Learning.
Schofield, T. J., Conger, R. D., Donnellan, M. B., Jochem, R., Widaman, K. F., & Conger, K. J. (2012). Parent personality and positive parenting as predictors of positive adolescent personality development over time. Merrill-Palmer quarterly (Wayne State University. Press), 58(2), 255.
Terzian, M.A., Kristine, Andrews, Moore, K.A. (2011). Preventing multiple risky behaviors among
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.