Relevansi Pemikiran Paulo Freire terhadap Pendidikan di Aceh
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v19i1.34640Abstract
Saat ini pendidikan Aceh berada pada peringkat 27 secara nasional dan hanya berada satu tingkat di atas Papua yang berada pada posisi 28 dari 34 provinsi. Kondisi ini tentu menjadi realitas yang menghawatirkan dan sekaligus memberikan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan sebagai mana mestinya dalam praktik pendidikan di Aceh. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik-kritik Freire terhadap praktik pendidikan yang kemudian dapat menjadi salah satu pemicu rendahnya kualitas pendidikan di Aceh. Harapannya, relevansi pemikiran Paulo Freire tentang praktik pendidikan dapat menjadi bahan refleksi dan pelajaran untuk menciptakan praktik pendidikan yang lebih baik sehingga kualitas pendidikan Aceh juga ikut membaik. Dalam menyelesaikan artikel ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi literatur. Adapun data-data dalam artikel ini bersumber dari literatur-literatur yang relevan dan dari hasil observasi penulis selama terlibat aktif di dunia pendidikan. Artikel ini menyimpulkan bahwa dalam konteks pendidikan di Aceh, kritik Freire perlu dipertimbangkan terutama dalam proses pembelajaran dalam ruang-ruang kelas. Proses pendidikan harus mampu menyadarkan siswa atas kondisi yang dihadapinya dalam keseharian dan pembelajaran gaya bank harus ditinggalkan agar ruang kelas tidak menjadi dunia yang asing bagi siswa.
References
Acehbisnis.com. 2019. "Peringkat UN Naik, Aceh Masuk Tujuh Provinsi Terbaik Pelaksanaan UNBK 2019." Acehbisnis.Com. Retrieved September 10, 2020 (https://www.acehbisnis.com/news/peringkat-un-naik-aceh-masuk-tujuh-provinsi-terbaik-pelaksanaan-unbk-2019/index.html).
Bappeda Aceh. 2015. "Kajian Analisis Mutu Pendidikan Aceh 2015."
Freire, Paulo. 1982. Pedagogy of the Oppressed. Harmondsworth: Penguin.
Freire, Paulo. 2000. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
Hadi, A. 2014. "Dinamika Sistem Institusi Pendidikan Di Aceh." Jurnal Ilmiah Peuradeun 2(3):179–94.
Idris, Muh. 2009. "Pendidikan Pembebasan (Telaah Terhadap Pemikiran Paulo Freire)." Dinamika Ilmu: Journal of Education 9(2):1–13.
Manggeng, Marthen. 2005. "Pendidikan Yang Membebaskan Menurut Paulo Freire Dan Relevansinya Dalam Konteks Indonesia." Intim: Jurnal Teologi Konstekstual 8(8):41–44.
Masrizal. 2019. "Pendidikan Aceh Peringkat 27 Secara Nasional, Salah Satu Penyebab Rendahnya Mutu Guru." Aceh.Tribunnews.Com. Retrieved September 10, 2020 (https://aceh.tribunnews.com/2019/10/28/pendidikan-aceh-peringkat-27-secara-nasional-salah-satu-penyebab-rendahnya-mutu-guru).
Murtinigsih, Siti. 2004. Pendidikan Sebagai Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.
Nata, Abuddin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia.
Serambinews. 2020a. "Hanya 10 SMA Di Aceh Mampu Bersaing Secara Nasional." Aceh.Tribunnews.Com. Retrieved August 10, 2018 (https://aceh.tribunnews.com/2020/05/18/hanya-10-sma-di-aceh-mampu-bersaing-secara-nasional).
Serambinews. 2020b. "Mahasiswa Aceh Selatan Keluhkan Jaringan Internet." Serambinews.Com. Retrieved August 20, 2020 (https://aceh.tribunnews.com/2020/04/12/mahasiswa-aceh-selatan-keluhkan-jaringan-internet).
Smith, William A. 2008. Concientizacau Tujuan Pendidikan Paulo Freire. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Solihin, Muhammad. 2015. "Kapitalisme Pendidikan (Analisis Dampaknya Terhadap Upaya Mencerdaskan Kehidupan Bangsa)." Nur El-Islam 2(2):56–73.
Syaikhudin, Ahmad. 2012. "Konsep Pemikiran Pendidikan Menurut Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantoro." Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 10(1):79.
Syambudi, Irwan. 2019. "Anggaran Pendidikan 2019 Naik Rp48,4 Triliun." Tirto.Id. Retrieved January 20, 2020 (https://tirto.id/anggaran-pendidikan-2019-naik-rp484-triliun-dbFJ).
Yunis, Tabrani. 2016. "Menyelamatkan Pendidikan Aceh." Aceh.Tribunnews.Com. Retrieved September 10, 2020 (https://aceh.tribunnews.com/2016/11/29/menyelamatkan-pendidikan-aceh).
Zulfikar, T. 2017. "Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Aceh." Serambinews.Com. Retrieved September 10, 2020 (https://aceh.tribunnews.com/2017/07/11/upaya-meningkatkan-mutu-pendidikan-aceh).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.