Hubungan pembinaan agama orang tua dengan disiplin belajar siswa
Downloads
Disiplin merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Siswa yang berkarakter disiplin akan bersungguh-sungguh dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembinaan keagamaan orang tua, mendeskripsikan disiplin belajar siswa, dan menganalisis hubungan pembinaan keagamaan orang tua dengan disiplin belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Unyur Kota Serang dengan populasi sebanyak 289 siswa dan sampel sebanyak 43 siswa yang tersebar di kelas 4, 5, dan 6. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yaitu mencari hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan angket. Simpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu: berdasarkan analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,98. Hal ini menunjukkan bahwa antara pembinaan keagamaan orang tua dan disiplin belajar siswa memiliki korelasi yang sangat tinggi. Pembinaan keagamaan orang tua memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap disiplin belajar siswa kelas tinggi SD Negeri Unyur Kota Serang dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,96 atau 96%, dengan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang dapat diteliti kembali.
Discipline is something that is needed in learning. Students with disciplined character will be serious in learning. This study aims to describe the religious formation of parents, to describe the discipline of student learning, and to analyze the relationship between the religious formation of parents and the discipline of student learning. This research was conducted at State Elementary School (SD Negeri) Unyur, Serang City with a population of 289 students and a sample of 43 students spread across grades 4, 5, and 6. The research uses used a correlation quantitative approach, namely looking for the relationship between the independent variable and the dependent variable. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and questionnaires. The conclusions obtained from the results of this study are based on the product moment correlation analysis, the correlation value is 0.98. This shows that there is a very high correlation between religious guidance of parent and student learning discipline. The religious guidance of parents contributes significantly to the learning discipline of high-class students at SD Negeri Unyur, Serang City with a coefficient of determination of 0.96 or 96%, with the rest being influenced by other variables that can be re-examined.
Aqilah, N. (2020). Signifikansi pendidikan agama Islam menghadapi peroblematika remaja era revolusi industri 4.0. Jurnal Al-Ibrah, 9(2), 123-145. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/585.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, D. R. & Wibisono, M. Y. (2022). Tinjauan sejarah atas peran organisasi kemasyarakatan islam pada pembangunan Indonesia. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1), 121-130. DOI: https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.16882.
Azizi, A., & Hunainah, H. (2020). Pendidikan karakter perspektif Hamka. Qathrunâ, 7(2), 63-82. DOI: https://doi.org/10.32678/qathruna.V7i2.3534.
Bahri, S. & Muzaki, I. A. (2021). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(2), 149-149. DOI: https://doi.org/10.55102/alyasini.v6i2.
Budiani & Sholikhah, N. (2020). Pengaruh Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap hasil belajar ekonomi persamaan dasar akuntansi. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 263-273. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.33539.
Daulae, T. H. (2020). Upaya keluarga dalam pembinaan disiplin belajar di era milenial. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 8(2), 261–278. DOI: https://doi.org/10.24952/di.v8i2.3203.
Febrianto, A., & Shalikhah, N. D. (2021). Membentuk akhlak di era revolusi industri 4.0 dengan peran pendidikan agama Islam. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 105-110. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1049.
Firmansyah, F. A. A. (2020). Peran orang tua dan guru untuk mengembangkan perilaku moral dan religiusitas remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(2), 177-186. DOI: https://doi.org/10.24235/prophetic.v3i2.7593.
Fitrialoka, I., & Rasyid, A. M. (2019). Pengaruh pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap kedisiplinan siwa SMP al-Falah Dago Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 0, 212–217. DOI: https://doi.org/10.29313/.v0i0.16912.
Hasanah, M., & Maarif, M. A. (2021). Solusi pendidikan agama Islam mengatasi kenakalan remaja pada keluarga broken home. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 39-49. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.130.
Komariah, C., Uwes, S., Drajat, M., & Tabroni, I. (2021). Peran orang tua dalam pembinaan akhlak anak melalui media internet. Jurnal Ilmiah Edukatif, 7(1), 25-36. DOI: https://doi.org/10.37567/jie.v7i1.443.
Kurniawan, W. A. (2018). Budaya tertib siswa di sekolah (Penguatan pendidikan karakter siswa di sekolah). Sukabumi: CV Jejak.
Lestari, S.. (2016). Psikologi keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga (1 Ed.). Jakarta: Kencana.
Lestiawati, I. M. & Putra, I. B. K. S. (2020). Meningkatkan perilaku disiplin anak usia dini di era new normal. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 169–179. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1758
Maman, M., Rachman, M. S., Irawati, I., et al. (2021). Karakteristik peserta didik: Sebuah tinjauan studi kepustakaan. Geneologi Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 255–266. DOI: https://doi.org/10.32678/geneologipai.v8i1.4829
Maptuhah, M. & Juhji, J. (2021). Pengaruh perhatian orang tua dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik madrasah tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.127.
Mulyani, E. S. & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan shalat dhuha untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Qathrunâ, 8(1), 1–20. DOI: https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan karakter disiplin. Bandung: Nusa Media.
Sina, P. G. (2016). The inspiration of learning. Bogor: Guepedia.
Soleha, T. (2018). Disiplin kerja dalam perspektif islam dan produktivitas kerja karyawan. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business And Finance, 7(1). DOI: https://doi.org/10.47903/ji.v7i1.50.
Suanto, S. & Nurdiyana, N. (2020). Implementasi Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 107–114. DOI: https://doi.org/10.32493/jpkn.v7i2.y2020.p107-114.
Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan research and development. Bandung: CV Alfabeta.
Sukiyani, F. & Zamroni. (2014). Pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 57-70. DOI: https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5290.
Suryadi, E., Ginanjar, M. H. & Priyatna, M. (2018). Penggunaan sosial media Whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-21. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211.
Syafaruddin & Umar. (2020). Pengantar pendidikan Islam: Mewujudkan kualitas SDM dalam perpsektif al-Quran. Jakarta: Rajawali Pers.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-menteripen-18331.
Utami, I. S. & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi peran sekolah dengan analisis interaktif bagi penguatan pendidikan karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32-43. DOI: https://doi.org/10.21067/jmk.v7i1.6464.
Utomo, R. S. Y. & Setyadi, Y. B. (2022). Penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui penegakan tata tertib sekolah di SMK Negeri 1 Gesi. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 223-233. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.50859.
Widi, E. N. N., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Kedisiplinan siswa-siswi SMA ditinjau dari perilaku shalat wajib lima waktu. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 135-150. https://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/45.
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.