Kajian Pemikiran Tokoh Pendidikan Dunia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.72768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perkembangan pendidikan secara historis dan pemikiran tokoh pendidikan dalam konteks ontologi, epistemologi, aksiologi, serta implikasinya bagi pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dan analisis konten. Dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber-sumber tertulis yang relevan tentang perkembangan pendidikan dunia dari masa ke masa, serta pemikiran tokoh-tokoh pendidikan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik tersebut. Pendidikan merupakan bagian integral dari perjalanan sejarah manusia yang telah mengalami perkembangan pesat sejak zaman kuno hingga modern. Di masa peradaban kuno, pendidikan lebih menekankan pada pembentukan manusia ideal dengan nilai-nilai seperti keberanian dan kebaikan, serta visi masyarakat yang diwariskan melalui cerita lisan. Pada era Islam, pendidikan diarahkan pada pemahaman psikologis subjek didik, usia yang tepat untuk pembelajaran, pemahaman tentang subjek didik, penekanan pada keadilan dalam perlakuan, dan sanksi edukatif. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang garis waktu historis pendidikan dunia dan pemikiran tokoh pendidikan, serta implikasinya bagi pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci : Tokoh pendidikan dunia, pemikiran, ontologi, epistemologi, aksiologi.

Published

2024-12-11

How to Cite

[1]
supriatna, endang 2024. Kajian Pemikiran Tokoh Pendidikan Dunia. Jurnal Pendidikan Karakter. 15, 2 (Dec. 2024). DOI:https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.72768.

Issue

Section

Articles