KEARIFAN LOKAL BALI LUKISAN WAYANG KAMASAN DALAM MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.77823Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Kearifan Lokal, Lukisan Wayang Kamasan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini didasari atas permasalahan kurangnya media pembelajaran sebagai sumber belajar dalam menguatkan karakter profil pelajar Pancasila pada siswa di sekolah dasar. Lukisan wayang kamasan sebagai salah satu kearifan lokal di Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Klungkung belum banyak digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran terkait dengan penguatan profil pelajar Pancasila yang sedang gencar-gencarnya diupayakan terkait dengan pelaksanaan kurikulum merdeka.Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan rancang bangun inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar, 2) untuk mengetahui validitas inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar, 3) untuk mengetahui efektivitas inovasi pembelajaran berbasis kearifan lokal lukisan wayang Kamasan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar di Kota Denpasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluate). Metode yang digunakan untuk menentukan subjek penelitian teknik quota random sampling dengan jumlah sekolah sebanyak 24 sekolah dasar di Kota Denpasar. Hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 92,19% (sangat baik), hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 90% (sangat baik), hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 96% (sangat baik). Hasil uji coba perorangan sebesar 89,88% (baik), hasil uji coba kelompok kecil sebesar 93,85% (sangat baik), hasil uji coba lapangan sebesar 92,19% (sangat baik). Hasil uji efektivitas memperoleh nilai thitung = 43,352 sedangkan ttabel = 2,069. Dengan demikian, media pembelajaran berupa lukisan wayang kamasan efektif diterapkan dalam menguatkan profil pelajar Pancasila di SD.
References
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan. 2(1): 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.
Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu. 5(4): 1766–1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014.
Handayani, A., W., R., Widiana, I., K., & Khairun, N. (2022). Keterampilan Guru dalam Menggunakan Variasi Pembelajaran di SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(4): 2152 – 2164.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. 5(2): 211-225.
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4): 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815.
PERPRES Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pasal 1. Lembaran Negara RI tahun 2017 Nomor 195.
Sadwika, K., P., Widayanti, A., Sutarso, J., & Murtiyoso, S. (2022). Penggunaan Media Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pendek. Brilliant. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 43-50. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2820.
Samiha, Y., T. (2020) Desain Pengembangan Bahan Ajar IPS MI Berbasis Kearifan Lokal. JIP Jurnal Ilmiah PGMI: 6(1): 107-121. https://doi.org/10.19109/jip.v6i1.5886.
Saraswati, D., L., Dendi, P., & Delia, A., P., (2019). Pemanfaatan Wayang dalam Media Pembelajaran. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 1(5): 2112-2125.
Siregar, Y., D., & Bahri, F., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas V SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4): 408-424. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v1i4.1562.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukatin, N., Sari, N., Hamidia, U., & Akhiri, K. (2023). Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 2(2): 38–44. https://doi.org/10.57251/hij.v2i2.783.
Yuniarti, A., Titin., Fanisa, S., Ita, R., & Sinta, R., (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. Journal Education and Technology. 4(2): 84-95. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors certify that the work reported here has not been published before and contains no materials the publication of which would violate any copyright or other personal or proprietary right of any person or entity.
- Authors transfer or license the copyright of publishing to Jurnal Pendidikan Karakter to publish the article in any media format, to share, to disseminate, to index, and to maximize the impact of the article in any databases.
- Authors hereby agree to transfer a copyright for publishing to Jurnal Pendidikan Karakter a Publisher of the manuscript.
- Authors reserve the following:
- all proprietary rights other than copyright such as patent rights;
- the right to use all or part of this article in future works of our own such as in books and lectures;
- use for presentation in a meeting or conference and distributing copies to attendees;
- use for internal training by author's company;
- distribution to colleagues for their research use;
- use in a subsequent compilation of the author's works;
- inclusion in a thesis or dissertation;
- reuse of portions or extracts from the article in other works (with full acknowledgement of final article);
- preparation of derivative works (other than commercial purposes) (with full acknowledgement of final article); and
- voluntary posting on open web sites operated by author or author's institution for scholarly purposes, but it should follow the open access license of Creative Common CC BY-SA License.
All posts that exist in JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER is not a reflection of the attitudes and opinions of the Editorial Board of JURNAL PENDIDIKAN KARAKTER. The responsibility for the contents or the result of writing still lies on the authors.
Jurnal Kependidikan by https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.