PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KUALITAS DAN OUTPUT PEMBELAJARAN IPS DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1417Keywords:
model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program pembelajaran IPS di SMP. Model yang dikembangkan disebut dengan model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (model EKOP). Subjek uji coba berjumlah 736 responden. Uji coba dilaksanakan di wilayah propinsi DIY dan Jawa Tengah. Proses pengembangan dilakukan melalui tiga tahap. Pengumpulan data menggunakan metode inventori sikap dan rating scale. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kecocokan model pengukuran menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Kecocokan model pengukuran menggunakan empat indikator, yaitu: 1) Chi-Square; 2) Ï-value; 3) RMSEA; dan 4) GFI. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) model EKOP merupakan salah satu model evaluasi yang baik. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS; b) model pengukuran kualitas dan output pembelajaran IPS sudah sesuai dengan data lapangan, dan c) hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS menunjukkan bahwa panduan evaluasi dinilai cukup baik sebagai acuan implementasi evaluasi model EKOP.
Kata kunci: model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaranReferences
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An Introduction. NewYork & London: Longman
Djemari Mardapi. (2000). Evaluasi pendidikan. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 –23 September 2000 di Universitas Negeri Jakarta.
Imam Ghozali & Fuad. (2005). Structural equation modeling: Teori, konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 8,54. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Joreskog, K. & Sorbom, D. 1996. Lisrel 8: User reference guide. Chicago. Scientific Software International.
Kirkpatrick, D.L. 1998. Evaluating training programs, The four levels(2nded.). San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc
Plomp,T. (1997). Development research on/in educational development. Netherlands: Twente University.
Solimun. (2002). Structural equation modeling (SEM) Lisrel dan Amos. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya
Stufflebeam, D.L. & Shinkfield, A.J. 1985. Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.
Sudiyono, A. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright transfer agreement form can be downloaded here: [JPEP Copyright Transfer Agreement Form]
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jurnalhepi@uny.ac.id
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.