MODEL PEMBELAJARAN LIMA DOMAIN SAINS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA

Authors

  • Dadan Rosana

DOI:

https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1413

Keywords:

MP5DS, kontekstual, pembelajaran bermakna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Lima Domain Sains (MP5DS) dengan pendekatan kontekstual berlandaskan teori konstruktivisme untuk menghasilkan pembelajaran bermakna, melalui tahapan; (1) pengembangan perangkat pembelajaran dan sumber belajar (2) pengujian hubungan antar variabel, serta MP5DS dengan variabel yang mempengaruhinya. Metode penelitian mengggunakan penelitian dan pengembangan model spiral. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dan model persamaan struktural menggunakan AMOS 6.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) prototipe perangkat pembelajaran dan prosedur implementasi MP5DS untuk pembelajaran sains, (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan maupun tidak langsung antar variabel kognitif, afektif, proses, aplikasi dan kreativitas, (3) pencapaian nilai tes kognitif pada kategori tinggi (73,11%), nilai sikap cukup baik (58%), nilai proses tinggi (63,31%), nilai aplikasi tinggi (61,93%) dan nilai kreativitas masih rendah (39,41%), serta (4) MP5DS dipengaruhi oleh lingkungan psikososial pembelajaran sains dan kompetensi guru. Variabel lingkungan psikososial pembelajaran sains memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan (faktor bobot = 0,60, cr=11,490, dan p<0,000|),  tetapi variabel kompetensi guru pengaruhnya tidak signifikan (faktor bobot = 0,34, cr=11,490, dan p<0,000|).

Kata kunci:      MP5DS, kontekstual, pembelajaran bermakna

References

Cennamo, K. and Kalk, D. (2005). Real World Instructional. Design. From Thompson Learning. Available at UT-Coop and. www.amazon.com.

Ferdinand, A.(2000). Structural equation modelling dalam peneltian manajemen. Semarang: Seri Pustaka Kunci 03/BP UNDIP.

Kerlinger, F.N. (2002). Asas-asas penelitian behavioral. Terjemahan Simatupang, L.R. New York : Holt Rinehart & Winston.

Nasendi, B.D. & Anwar, A. (1985) Program linear dan variasinya. Jakarta: Gramedia.

Piaget. J. (1988). Antara tindakan dan pikiran. (Terjemahan Agus Cremers). Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Syah, M. (2000). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yager, R. E., & McCormack, A. J. (1989). Assessing Teaching/Learning Successes in Multiple Domains of Science and Science Education. Science Education, 3(1), 45-58.

Downloads

Published

2013-09-16

How to Cite

Rosana, D. (2013). MODEL PEMBELAJARAN LIMA DOMAIN SAINS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1413

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.