Implementasi Model Pembelajaran Competence Based Training berbasis Karakter

- Sunarso, UNY
- Paryanto, UNY

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan tingkat pelaksanaan aspek karakter dan prestasi belajar siswa antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Competence Based Training (CBT) berbasis karakter dengan kelas yang tidak menerapkan; (2) Efektivitas model pembelajaran CBT berbasis karakter untuk pembelajaran praktik kerja mesin di SMK, dalam meningkatkan kualitas lulusan. Metode implementasi menggunakan metode kuasi eksperimen. Lokasi implementasi di SMK N 2, SMK N 3, SMK N Piri 1, dan SMK Muh. 3 Yogyakarta. Penerapan model pembelajaran CBT berbasis karakter, efektif dalam meningkatkan kualitas lulusan SMK

Keywords


Implementasi, CBT berbasis karakter; Sekolah Menengah Kejuruan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL KEPENDIDIKAN



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter