PEMBINAAN KARAKTER SISWA BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA

Marzuki Marzuki, Mukhamad Murdiono, Samsuri Samsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pembinaan karakter pada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian riset dan pengembangan dengan desain tiga tahap. Pada tahap pertama (2010) survey dilakukan terhadap

20 sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, interview, dan focus group discussion, serta dokumentasi. Teknik pengecekan silang dilakukan untuk memvalidasi data. Data dianalisis menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) model khusus tidak ditemukan pada pembinaan karakter berbasis pendidikan agama di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Yogyakarta. Pembinaan karaker dilakukan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama masih secara umum 2) model pendidikan  karakter  harus  dikiembangkan  di  sekolah  berdasarkan  kepada  pendidikan  agama untuk membuat pendidikan agama menjadi mata pelajaran utama yang digunakan untuk membina karakter siswa. Pendidikan agama harus mengajarkan agama, sikap, dan perilaku. Aspek penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dalam kerangka pembinaan karakter yang efektif di sekolah adalah visi, misi, dan tujuan sekolah, dan kebersamaan. Ada program yang jelas dan rinci, meliputi semua subjek dan semua guru. Ada dukungan fasilitas dan tim khusus untuk pelaksanaan program pembinaan karakter siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v41i1.1919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

Flag Counter