PENGARUH GREEN PRODUCT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BELI (Studi pada Konsumen Lampu Philips LED di Yogyakarta)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jim.v15i2.34759Keywords:
Green Product, Corporate Sosial Responbility, Keputusan Pembelian, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green product dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen lampu Philips LED di Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 220 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan uji sobel. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif green product terhadap keputusan pembelian (sig = 0.000<0.05;β = 0.714), (2) terdapat pengaruh positif corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian (sig = 0.000<0.05;β = 0.706), (3) terdapat pengaruh positif minat beli terhadap keputusan pembelian (sig = 0.000<0.05;β = 0.803), (4) terdapat pengaruh positif green product terhadap minat beli (sig = 0.000<0.05;β = 0.674), (5) terdapat pengaruh positif corporate social responsibility terhadap minat beli (sig = 0.000<0.05;β = 0.747), (6) terdapat pengaruh positif green product yang dimediasi minat beli dengan nilai mediasi X1, = 115,81>1,98, dan (7) terdapat pengaruh positif corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian yang dimediasi minat beli nilai mediai X2 = 103,68>1,98.References
Engel, James F., Blackwell, Roger D., & Miniard, Paul W. 1994. Consumer Behaviour. Jakarta: Binarupa Aksara
Haryadi, Rudi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix: Studi Kasus Pada The Body Shop Jakarta. Tesis di Publikasikan. Pasca Sarjana. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hidayati, Tri Asih. Dkk. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Penghuni Ma'had Sunan Ampel Al-Aly Uin Malang Tahun Angkatan 2012/2013 Yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Journal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya.
Kasali, Rhenald. (2005). Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi, Targeting, Positioning). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson. Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jilid 2.Jakarta: PT Prehallindo.
Samuel, Hatane. Elianto Wijaya. 2008. Corporate Social Responsibility, Purchase Intention dan Corporate Image Pada Restoran di Surabaya dari Perspektif Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 3, No. 1: 35-54.
Septiani, Karen Arum. dkk. 2016. Aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) dan Publisitas Media: Dampaknya terhadap Citra Perusahaan dan Minat Beli (Studi Kasus: Konsumen Aqua Kelas Menengah ke Atas di Kota Semarang). Journal Ilmu Administrasi Bisnis, vol 5. No.1
Septifani, Riska. Fuad Achmadi, Imam Santoso. 2014. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli terhadap Keputusan Pembelian. Journal Manajemen Teknologi, vol 13. No.2.
Setiawati, Erma. Zulfikar, dan Riza Artha. 2013. Pengaruh Karakter Perusahaan Terhadap CSR (survey pada Industri Perbankan di Indonesia). Jurnal Manajemen Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sheilla Rahma, Eva. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merk terhadap Minat Beli dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (studi pada pengguna telephone seluler Merek Sony Ericson di kota Semarang). Tesis UNDIP
Smith, T. M. (1998). The my thof green marketing: Tending our goats at the edge of apocalypse. Toronto: University of Toronto Press.
Widelia, Khaya. Rennyta Yusiana, Arry Widodo. 2015. Pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever (studi kasus masyarakat kota Bandung). Journal ecodomica, vol III. No.2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
An author who publishes in the journal "Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)" agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
All materials in this site are protected by the law. It is prohibited to quote a part of or all of this website contents for commercial purposes without the permission or consent of the editors.
If anyone finds one article or more in this journal violate or potentially violate one's copyrights, please report to us through e-mail of Principle Contact.
Legal-formal aspects of accessing any information and manuscript in this journal website refer to the provision of license Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA). Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
All information available in 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is academic in nature. 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is not responsible for loss due to the abuse of information in the website.