PENGARUH DAYA TARIK TRANSIT ADVERTISING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BERBELANJA DI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA YANG MENGETAHUI E-COMMERCE¬ SHOPEE)

Niko Badaruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh daya tarik transit advertising  terhadap minat beli, (2) pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli, dan (3) pengaruh daya tarik transit advertising  dan promosi penjualan terhadap minat beli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 130 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menemukan bahwa: (1) daya tarik transit advertising  berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (5.407>1,978), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,461. (2) Promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel (3.607 >1.978), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,413. (3) daya tarik transit advertising  dan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli secara simultan, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung>F tabel (37.823 >3.07), signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil uji R2 pada penelitian ini diperoleh nilai R2 sebesar 0.373 (37,3%). Hal ini menunjukan bahwa variabel minat beli dipengaruhi oleh variabel daya tarik transit advertising , dan variabel promosi penjualan sebesar (37,3%), sedangkan sisanya sebesar 62,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Keywords


daya tarik transit advertising; promosi penjualan; minat beli

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriantoro, N., dan Supomo, B. (2010). Metodologi Penelitian Bi snis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: UPFE.

Martin, W. B. (2002). Quality Customer Service: Cara Jitu Memikat Hati Pelanggan. Jakarta: PPM

Muhson, Ali. (2005). Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Yogyakarta: Badan Penerbit FISE UNY

Mulyanto, Novan (2016) dengan judul “Pengaruh Terpaan Daya tarik transit advertising Terhadap Tingkat Brand Awareness Dan Minat Mengunjungi Gembiraloka Zoo

Sigit, Soehardi (1999). Pengantar Metodologi Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekataan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2010). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

Umar, Husein. (2009). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Jiang, et al (2015) “Redesigning promotion strategy for e-commerce competitiveness through pricing and recommendation”

Elena V. Pogorelovaa, Irina V. Yakhneevaa, Anna N. Agafonovaa and Alla O. Prokubovskayab (2016) “Marketing Mix for E-commerce”

Fakhru Rizky Nst Muhammad & Yasin Hanifa, (2014) ‘’Pengaruh Promosi penjualan Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan’’

Fitra Mulyana Yusuf (2016) ‘’Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online’’

Utami, Revena Pratiwi (2018) ‘’Pengaruh Daya Tarik Transit Ads Shopee Pada Transportasi Umum Berbasis Aplikasi Online terhadap Sikap dan Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengguna Ojek Online Grabbike)’’.

Swistiani, Febby (2014) ‘’Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet Dan Promosi penjualan Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Zalora.‘’

Roux Theresse (2015) ‘’The Effectiveness of Car Advertising Media: Perceptions Of Generation-Y Consumers.’’

Kinnear,Thomas C dan Taylor, James R. 1995. Riset Pemasaran. Alih Bahasa. Yohana Lamarto. Jakarta

Laudon, Kenneth C. dan Traver, Carol Guercio. (2012) E-Commerce Business, Technology, Society (8/E) Harlow: Pearson Education

Lamb, Charlesw, Hair, Joseph F, Mc. Daniel, Carl (2001). Pemasaran Edisi 1, Buku 1, Salemba Empat. Jakarta

Liao Dan Cheung. (2001). Internet-Based E-Shopping And Consumer Attitudes. Journal Information And Management, Vol 38 (2001)

"Infokomputer".2 Agustus 2017. Berita.Baca.Co.Id

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometrika Dasar. Terjemah Sumarno Zein. Jakarta: Erlangga

Arista, E. Desi., & Astuti Sri Rahayu Tri. (2011). Analisis Pengaruh Iklan , Kepercayaan Merek, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen . Jurnal Aset. Semarang

Swistiani, Febby.(2014). Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet, Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online Zalora. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v16i1.25059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats