BIOTHINGS V2 : PENGEMBANGAN ALAT PENGHASIL BIOGAS OTOMATIS MENGGUNAKAN TENAGA HYBRID BERBASIS IOT (INTERNET OF THINGS) GUNA MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI BIOGAS DI PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA PANDAN MULYO

 amalia rohmah

Abstract


Krisis energi yang dipicu naiknya harga minyak dunia turut menghimpit kehidupan masyarakat berbagai lapisan di Indonesia, karena tingkat kebutuhan akan BBM (Bahan Bakar Minyak) yang terus meningkat, oleh sebab itu dibutuhkan energi alternatif untuk menggantikan BBM, agar rantai kehidupan di muka bumi ini dapat berjalan dengan baik. Banyak energi alternatif non BBM yang bisa dikembangkan, salah satunya adalah biogas. Pemanfaatan sumber energi biogas telah mulai dikembangkan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Pandan Mulyo namun kapasitas produksi dari sistem yang ada masih kurang maksimal, hal ini dikarenakan peralatan yang ada masih bersifat manual dan sederhana sehingga diperlukan tenaga ekstra agar dapat tetap menghasilkan biogas. Melihat permasalahan tersebut kami membuat inovasi teknologi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan BIOTHINGS  V2 sebagai pengembangan alat pengaduk biogas otomatis berbasis IoT (Internet of Things). BIOTHINGS V2 merupakan alat pengaduk biogas otomatis yang menggunakan motor listrik sebagai sistem penggerak utama. Motor listrik akan bergerak otomatis saat kotoran sapi dimasukan kedalam tempat pencampuran yang sudah dipasang sensor ultrasonik. Secara umum BIOTHINGS memuat sensor sebagai input, prosesor oleh mikrokontroler, dan keluaran pada graphical use r interface melalui web, dan smartphone android sehingga pemantauan dan pembuatan biogas menjadi lebih efektif.

 

Kata Kunci : bbm, biogas, BIOTHINGS, otomatis, produktivitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v3i1.26099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by

Lisensi Creative Commons
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
based on copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.