INTELEGENT STICK FOR BLIND (INSTISBLIND) INOVASI ALAT BANTU MOBILITAS PENCEGAHAN KEBISINGAN HUJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PENYANDANG TUNANETRA

 Nur Milati

Abstract


Pentingnya keterampilan penggunaan tongkat bagi tunanetra untuk aktivitas berpindah tempat. Selain itu hilangnya fungsi visual menuntut adanya latihan untuk mengembangkan indra-indra lain, terutama indra pendengaran. Suara dapat memberikan informasi tentang lokasi, penyebab, atau sumber suatu objek(strickling, 2010:1). Namun dari berbagai inovasi tersebut terdapat satu kondisi yang sangat dibutuhkan kegunaannya oleh tunanetra yang belum dilirik oleh banyak inovator yaitu berupa tongkat tunanetra yang tetap bisa digunakan ketika hujan. Inovator membuat inovasi Intelegent Stick For Blind (Instisblind) Inovasi Alat Bantu Mobilitas Pencegahan Kebisingan Hujan Untuk Meningkatkan Kemandirian Penyandang Tunanetra. Inovasi menggunakan metode Linear Sequential Model (LSM) yang terdiri dari 4 tahapan  yaitu tahap analisis dan studi literatur, desain/perancangan sistem, perakitan sistem elektronik (assembly-electrnics systems), dan pengujian. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk mengetahui rancangan, sistem kerja, dan keunggulan serta manfaat Instisblind bagi tunanetra. Tahap uji coba fungsional peneliti menguji cara kerja disetiap komponen. Sensor proximity mendeteksi objek rintangan  jarak +-30 cm. Peneliti melakukan validasi kepada ahli media, memperoleh hasil 81.2 % dengan kategori layak. Kemudian uji coba dilakukan SLB A Yaketunis  memperoleh respon  baik dari pengguna atau  tunanetra. Pada uji coba kepada pengguna ini dilakukan pengambilan data terhadap kebermanfaatan alat dan mendapat hasil 87.9 % dengan kategori sangat bermanfaat dan layak digunakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v3i1.26070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Elektro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by

Lisensi Creative Commons
JURNAL EDUKASI ELEKTRO by Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik UNY distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
based on copyright of https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.