IMPLEMENTASI NILAI–NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH BINAAN PMI
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2424Abstract
Penelitian ini bertujuan: mengimplementasikan nilai karakter dalam kegiatan PMR tingkat wira di sekolah binaan PMI Kota Malang. Jenis penelitian deskriptif kualitiatif yang dilaksanakan bulan Februari sampai April 2013 di SMAN 5 Malang, SMA Frateran Malang, SMKN 2 Malang, dan MAN Malang I. Teknik pengambilan data terdiri atas: wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: Nilai Kemanusiaan keempat sekolah dengan melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dan donor darah; Nilai Kesamaan MAN I dan SMKN 2 menerapkan jiwa corsa, SMAN 5 menghilangkan batas senioritas, dan SMA Frateran melaksanakan outing; Nilai Kenetralan MAN I tidak membela organisasi manapun, SMKN 2 dan SMAN 5 memberikan santunan kepada siapapun, dan SMA Frateran boleh mengikuti ekstrakurikuler lain; Nilai Kemandirian MAN I dan SMAN 5 mengurus administrasi secara mandiri, SMKN 2 menerapkan disiplin waktu, SMA Frateran mengumpulkan kas; Nilai Kesukarelaan keempat sekolah dengan memberikan pertolongan tanpa imbalan; Nilai Kesatuan keempat sekolah dengan mempererat silaturahmi dengan warga sekolah; Nilai Kesemestaan MAN I berupa penyuluhan kesehatan, SMKN 2 dan SMA Frateran PMR selalu hadir di kegiatan sekolah, SMAN 5 mengirimkan duta untuk kegiatan nasional dan Internasional.Kata Kunci: nilai–nilai karakter, Palang Merah Remaja, Palang Merah Indonesia
Downloads
Published
2014-03-01
How to Cite
Rizqi, A. I., & Marzuki, M. (2014). IMPLEMENTASI NILAI–NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN PALANG MERAH REMAJA DI SEKOLAH BINAAN PMI. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2424
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |