Analysis of Financial Performance on UMKM Tenun Ikat Troso Jepara

 Hadi Ismanto

Abstract


Abstract: Analysis of Financial Performance on UMKM Tenun Ikat Troso Jepara. Indonesian Small and Medium-Sized-Enterprises give a contribution to GDP of 7% of total GDP in 2012. One factor to improve financial performance is to applicate some perspectives in the balanced scorecard concept through management capabilities, business strategy, and market orientation. The population in this study were 314 businesses, the sampling technique used purposive sampling with criteria that meet on UMKM’s subject by the Law Number 20 of 2008. Data were analyzed using multiple regression analysis. The results show that the factor of management capabilities, business strategy and market orientation has the coefficient of determination of 54.5% (R2) to the improvement of financial performance. In Partial each independent variable has a positive and significant impact on the dependent variable in this study.

Keywords: Management Capabilities, Business Strategy and Market Orientation, UMKM’s Financial Performance

Abstrak: Analisis kinerja keuangan  UMKM Tenun Ikat Troso Jepara. Kontribusi UMKM  terhadap PDB Indonesia sebesar 7% dari total PDB pada tahun 2012. Salah satu faktor untuk meningkatkan kinerja keuangan yaitu dengan menginterpretasi perspektif yang ada dalam konsep balanced scorecard melalui kemampuan manajemen, strategi bisnis dan orientasi pasar. Populasi dalam penelitian ini adalah 314 pelaku usaha, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sesuai kriteria UU No. 20 tahun 2008. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kemampuan manajemen, strategi bisnis dan orientasi pasar memiliki nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 54,5% terhadap peningkatan kinerja keuangan. Secara parsial masing-masing variabel bebas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kemampuan Manajemen, Strategi Bisnis, Orientasi Pasar, Kinerja keuangan UMKM


Keywords


Management Capabilities; Business Strategy; Market Orientation; UMKM’s Financial Performance

Full Text:

PDF

References


Adinoto. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar dan Perilaku Kewirausahaan terhadap Kepekaan Perusahaan dan Implikasinya pada Kinerja Perusahaan. Ultima Management.

Akhiri, A. & Diponegoro, U. (2016). Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis Studi Pada UKM Pengolahan Tepung Tapioka di Ngemplak Kidul Margoyoso Kabupaten Pati.

Chen, Y. & Jermias, J. (2014). Business strategy, executive compensation and firm performance. Accounting & Finance, 54(1), 113–134.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. 7 penyunt. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hunger, J. D. & Wheelen, T. L. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: ANDI.

Irawati, R. (2012). Pengaruh Kemampuan Manajerial dan Motivasi terhadap Kinerja Pewirausaha Kecil/Mikro melalui Kepuasan Kerja. Iqtishoduna Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 8(2), 1-21.

Jauch, L. R. & Glueck, W. F. (1988). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Kementerian Koperasi dan UMKM RI, 2013. http://www.depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/. [Online] Available at: http://www. depkop.go.id/berita-informasi/data-informasi/data-umkm/

Pearce, I. J. (2007). Strategic Management Formulation, Implementation and Control. Singapore: McGraw-Hill.

Rudianto. (2009). Penganggaran;Konsep dan Teknik Penyusunan Anggaran. Jakarta: Erlangga.

Samryn, L. M. (2012). Akuntansi Manajemen; Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi & Investasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Shaferi, I. & Handayani, S.R. (2013). Keputusan Pendanaan Dan Strategi Bisnis Bersainguntuk Mendorong Peningkatkan Nilai Perusahaan(Studi Pada Umkm Kabupaten Banyumas). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1).

Silkoset, R. & Ragnhild. (2009). Market orientation capabilities : a study of learning processes in market-oriented companies, VDM Verlag.

Sinaga, P. (2015). Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Koperasi Dan Ukm, Apa Mungkin? INFOKOP, 12(25).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suci, R.P. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1).

Uncles, M. (2000). Market Orientation. Australian Journal of Management, 25(2), i–ix.




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v12i2.11340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

 

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License