Relevansi kompetensi lulusan Diploma Tiga teknik sipil di dunia kerja

Anas Arfandi, Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan relevansi bidang kerja lulusan dengan latar belakang pendidikan mereka; dan (2) memetakan relevansi kompetensi D3 Teknik Sipil di dunia kerja dengan kompetensi D3 Teknik Sipil di FT UNM. Penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi penelitian adalah seluruh lulusan D3 teknik sipil 5 tahun terakhir dan industri tempat mereka bekerja. Sampel yang diambil menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah sampel 16 lulusan dan 9 industri. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) relevansi bidang kerja lulusan dengan latar belakang pendidikan mereka Cukup Baik; dan 2) kompetensi di dunia kerja sudah relevan dengan kompetensi lulusan D3 teknik sipil FT UNM. Keterampilan teknis lulusan Cukup Relevan yang mencapai 73,68%, namun masih terdapat 26,32% yang sudah tidak relevan lagi. Pada keterampilan bekerja, sebagian besar lulusan mencapai tingkat Ahli, namun demikian keterampilan tersebut tidak diperoleh pada pembelajaran di perguruan tinggi melainkan mereka dapatkan setelah mereka bekerja.

 

THE RELEVANCY COMPETENCIES OF CIVIL ENGINEERING DIPLOM THREE GRADUATES IN THE WORLD OF WORK

Abstract

This study aims to: (1) describe the relevance of the graduates employment with their educational background; and (2) mapping the relevance of the graduates competencies with the competencies in the world of work. This studied is a survey research. The research population consisted of all graduates of D3 civil engineering FT UNM for last 5 years and the industries of graduates employment. Sampling using proportionate random sampling consisted 16 graduates and 9 industries. Data collected by questionnaire and structured interviews. Data was analysis used qualitative descriptive. The result shows that 1) the relevance of the graduates employment with their educational background was quite good; 2) the competency in the world of work was relevance to the competencies of the graduates of D3 civil engineering FT UNM. Graduates technical skills quite relevant for 73,68%, but 26,32% was not relevant anymore. In employability skills, many graduates have achieve expert level, eventhought they have it not from the learning in the university but in the world of work.


Keywords


the relevancy competencies; technical skills; employability skills

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Biemo, W.S., & Reini D.W. (2008). “Kesenjangan antar kompetensi pendidikan tinggi dengan kompetensi keahlian konstruksi”. Makalah disampaikan pada Konferensi Nasional Teknik Sipil 2 (KoNTekS 2) – Universitas Atma Jaya Yogyakarta Yogyakarta, 6 –7 Juni 2008

Benyamin, A.N.N. & Lanny (2002). Skripsi. Kriteria fresh graduate teknik sipil dalam memasuki dunia kerja di perusahaan kontraktor kelas A di Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

BPS. (2010). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Jakarta : BPS.

Dardiri, Ahmad. (2011). “Diversifikasi kompetensi lulusan pendidikan dan latihan vokasi untuk lebih kompetitif”. Jurnal Teknologi dan Kejuruan Vol. 34 No. 1 Pebruari 2011:91-104.

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, Content and Implementation 5thEd. Boston, Massachusetts: Allyn & Bacon, Inc.

Hargiyarto, P., Sugiman, & Nurkholis. (2010). Studi penelusuran lulusan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang bekerja di dunia industri. Yogyakarta: Lembaga Penelitian

Mukminan, Waras K., Herminarto S., et al. (2008). PanduanPengembangan Model PembelajaranBerbasisKompetensi. Jakarta: Dikti

Tilaar, H.A.R. (1991). “Sistem Pendidikan Yang Modern Bagi Pembangunan Masyarakat Industri Modern Berdasarkan Pancasila”. Makalah pada KIPNAS V September 1991, Jakarta.

Yasar, Iftida. (2009). Link and match: Keterkaitan dunia industri dan dunia pendidikan. Dari http://indosdm.com/ link-and-match-keterkaitan-dunia-industri-dan-dunia-pendidikanDiunduh5 januari 2011.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:
       

ISSN 2088-2866 (print) || ISSN 2476-9401 (online)

View Journal Visitor Stats