IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTALASI LISTRIK

Authors

  • Riana T. Mangesa

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9577

Keywords:

Efektif, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Praktik

Abstract

Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman belajar praktik melalui pendekatan kontekstual dan (2) keefektifan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran praktik instalasi listrik I. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Hasil penelitian adalah; kemampuan praktik  peserta didik pada kelompok  Eksperimen (E) yang menggunakan pendekatan kontekstual, lebih tinggi dari  kelompok Kontrol (K) yang menggunakan pembelajaran langsung. Hasil pengamatan menunjukkan indikator penggunaan pendekatan kontekstual lebih tinggi, yang mendeskripsikan efektif dipergunakan dalam pembelajaran praktik. 

Downloads

Published

2016-07-21

How to Cite

Mangesa, R. T. (2016). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIK INSTALASI LISTRIK. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 110–120. https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.9577

Issue

Section

Artikel