KETERKAITAN ANTARA MORAL KNOWING, MORAL FEELING, DAN MORAL BEHAVIOR PADA EMPAT KOMPETENSI DASAR GURU

Leoni Fransisca, Magister Psikologi Profesi Unika Jakarta, Indonesia
Clara R.P. Ajisuksmo, Fakultas Psikologi Unika Jakarta

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru (moral knowing), keinginanguru (moral feeling) untuk melakukan, dan perilaku guru (moral behavior) pada kompetensi pedagogi,kepribadian, sosial, dan profesional dalam pendidikan karakter; serta keterkaitan antara moral knowing,moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, panduanobservasi, dan focus group discussion. Hasil data kuantitatif menunjukkan sekitar 66.67% guru beradapada taraf cukup memadai di keempat kompetensi dasar guru terkait komponen pembentukan karakter.Data kualitatif menunjukkan bahwa pada proses pendidikan karakter, kompetensi dasar guru tidakselalu berdasarkan ketiga komponen pembentukan karakter tersebut. Akibatnya, guru-guru menjadikurang tepat saat mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i2.7500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats