KESIAPAN SMK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAL LINGKUNGAN HIDUP

Amat Jaedun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Implementasi muatan PKLH ke dalam kurikulum SMK(STM dan SMT Pertanian) merupakan program yang tengah digalakkan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Depdikbud. Dalam rangka pelaksanaan implementasi program tersebut telah dilakukan pelatihan bagi para widyaiswara dari VEDC Malang, TEDC Bandung, P3G Medan, P3G Pertanian Cianjur dan sejumlah guru SMK yang telah menghabiskan dana cukup besar. Namun demikian, karena merupakan program baru maka pelaksanaan implementasi program di lapangan di duga akan menghadapi berbagai kendala. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai berbagai kendala yang dialami STM Negeri dan SMT Pertanian di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengimplementasikan muatan PKLH ke dalam kurikulum sekolah.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kendala dalam pelaksanaan implementasi muatan PKLH ke dalam kurikulum SMK yang berkaitan dengan kondisi sumber daya manusia terutama disebabkan : (1) sebagian besar personil belum pernah mengikuti penataran; dan (2) sebagian personil yang telah mengikuti penataran dalam program umum memperoleh materi yang kurang relevan untuk mendukung implementasi program tersebut.Adapun kendala yang berkaitan dengan perangkat lunak terutama menyangkut: (1) materi PKLH yang dimiliki personil sangat terbatas; dan (2) belum adanya keterlibatan narasumber yang berasal dari  luar sekolah(akademi maupun praktisi).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v28i1.7240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Creative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats