PENDIDIKAN VOKASIONAL ANAK PEREMPUAN DI LAPAS ANAK DAN WANITA
Meitri Angelina, Fakultas Psikologi UNIKA Atmajaya
Adhelia C. Luberizky, Fakultas Psikologi Atmajaya
Natasha R. Soewono, Fakultas Psikologi UNIKA Atmajaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai program pendidikanvokasional yang diberikan untuk anak perempuan yang berkonfl ik dengan hukum dan tinggal diLembaga Pemasyarakatan Anak dan Perempuan di Tangerang. Penelitian ini dilakukan denganmenggunakan pendekatan kualitatif, dengan menerapkan Focus Group Discussion (FGD)yang diikutioleh 5 orang anak dan Key Informant Interview (KII) dengan kepala divisi bimbingan dan pendidikandi Lapas Anak dan Perempuan Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikanvokasional kurang dilaksanakan secara optimal karena ada kekhawatiran dari petugas bahwa Lapasmelakukan eksploitasi kepada anak. Selain itu, keikutsertaan anak dalam pendidikan vokasional lebihkarena keinginan untuk cepat keluar dari Lapas sebagai konsekuensi ada kebijakan bahwa salah satupersyaratan untuk bisa keluar dari Lapas adalah keikutsertaan dalam kegiatan vokasional. Hal yangdianggap anak menguntungkan adalah adanya sertifi kat yang diberikan oleh lembaga pelaksanapelatihan sehingga sertifi kat ini bisa dijadikan modal untuk bekerja atau membuka usaha.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533
Indexed by:
View My Stats
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Journal Stats