PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMP

Rina Rahayu, PPs UNY, Indonesia
Endang Widjayanti Laksono FX, FMIPA UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasisproblem based learning dalam pembelajaran IPA di SMP dan (2) perbedaan keterampilan memecahkanmasalah dan scientifi c attitude antara pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis problembased learning dengan pembelajaran menggunakan perangkat konvensional. Penelitian inimenggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudahlayak digunakan berdasarkan pada hasil validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan yang sesuaidengan problem based learning, sehingga telah teruji secara teoritis dan empiris dan (2) terdapatperbedaan nilai keterampilan memecahkan masalah dan scientifi c attitude antara pembelajaranyang menggunakan perangkat berbasis problem based learning dengan pembelajaran menggunakanperangkat konvensional

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats