TEKNIK PEMBELAJARANOBSERVASI LINGKUNGANDENGAN MEMANFAATKAN POTENSI KEARIFAN LOKALDI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang
  • Mustofa Kamal Universitas Negeri Malang
  • - Sunoto Universitas Negeri Malang
  • Indra Suherjanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.6826

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan teknik observasi lingkungan berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan kuantatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sekolah dasar yang mewakili empat  kecamatan di Banyuwangi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, para guru belum membuat perencanaaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Hal ini terjadi karena guru belum memahami secara tepat proses pembelajaran menggunakan teknik observasi lingkungan dengan memanfaatkan potensi kearifan lokal. Karena itu, perlu disusun acuan yang jelas dan operasional sebagai pedoman bagi guru dalam penyusunan RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: kearifan lokal, pembelajaran, dan observasi lingkungan

Downloads

Published

2016-07-21

How to Cite

Suyitno, I., Kamal, M., Sunoto, .-., & Suherjanto, I. (2016). TEKNIK PEMBELAJARANOBSERVASI LINGKUNGANDENGAN MEMANFAATKAN POTENSI KEARIFAN LOKALDI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(1), 14–28. https://doi.org/10.21831/jk.v46i1.6826

Issue

Section

Artikel