PENGEMBANGAN MODEL PANDUAN PENDIDIK PENGAJARAN SASTRA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Maman Suryaman, FBS UNY, Indonesia
Wiyatmi Wiyatmi, FBS UNY, Indonesia
Hartono Hartono, FBS UNY, Indonesia
Anwar Efendi, FBS UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model panduan pendidik pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 10 guru bahasa Indonesia,

150 siswa kelas 2 dari 10 sekolah, serta empat ketua MGMP kabupaten/kota dan satu ketua MGMP provinsi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah human instrument, wawancara, observasi, angket, dan format penelaahan. Analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persoalan yang dihadapi oleh para guru adalah kurangnya sumber-sumber pengayaan untuk mengembangkan pembelajaran sastra, baik dalam bentuk perangkat pembelajaran maupun praktinya di kelas, yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter. Oleh karena itu, diperlukan buku panduan pengajaran sastra berbasis pendidikan karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats