MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS CULTURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40711Keywords:
Media Big Book Writing, Culture Learning, MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media Big Book Writing Berbasis Culture Learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5 SDN Selosari 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini ada dua data yaitu data verbal dan data nonverbal. Data verbal pada penelitian ini yaitu hasil rekaman kegiatan penerapan media big book writing berbasis culture learning pada pembelajaran menulis siswa kelas 5. Data nonverbal yaitu nilai hasil evaluasi kemampuan menulis. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data interaktif, ada tiga hal utama dalam analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu hasil nilai rata-rata menulis kelas 5 SDN Selosari 3 yaitu sebesar 81,9% dari total siswa 14, maka dapat dikatakan nilai menulis siswa sudah cukup baik. Semua siswa sudah dapat menulis cerita karena nilai siswa sudah mencapai KKM.Downloads
Published
2021-03-01
How to Cite
Kusuma Dayu, D. P., & Pratiwi, C. P. (2021). MEDIA BIG BOOK WRITING BERBASIS CULTURE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40711
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.